Ismed Sofyan

2 min read

Ismed Sofyan adalah seorang salah satu pemain yang lahir di Manyak Payed, Aceh Tamiang, 28 Agustus 1979. Sejak kecil ia sudah mencintai ajang dunia untuk bermain sepak bola. Untuk mengasah bakatnya, ia juga bergabung dengan pendidikan dan untuk pelatihan (Diklat) Ragunan, Jakarta.

Posisi dalam bermain dia adalah seorang bek kanan. Tapi ia bisa juga bermain diberbagai macam posisi seperti bek sayap kiri dan gelandang tengah. Pemain ini yang suka menggunakan nomor punggung 14 ini lebih dikenal memiliki tendangan bebas yang sangat terukur dan umpan silang yang akurat. Bahkan ia juga pernah dijuluki sebagai Sergio Ramos (pemain Real Madrid/Spanyol)-nya Indonesia.

Ismed Sofyan juga pernah mengawali karier seniornya bersama pemain tim PSBL Langsa, Aceh. Setelah itu dia pindah ke Persiraja Banda Aceh. Satu musim berlangsung bersama Persiraja, ia hijrah ke Jakarta dan bergabung dengan salah satu pemain Persijatim Jakarta. Tak lama, tim kebanggaan Ibukota, Persija Jakarta merekrutnya pada tahun 2003.

Seiring dengan itu, Ismed juga pernah kerap kali dipanggil untuk bergabung dengan salah satu Timnas. Mulai dari Indonesia U-18, Indonesia U-19, Indonesia U-23, hingga samapi Timnas senior.Ia sempat mendapat gelar ataw julukan sebagai pemain yang temperamen atau emosional.

BACA JUGA Markus Horison “Kiper Legenda Timnas Indonesia”

Ia juga kerap sekali tersulut dan emosinya meledak-ledak setiap kali dalam bertanding. Setelah itu ia ditunjuk menjadi sebagai Kapten pemain tim Persija. Kini ia terlihat tampak lebih dewasa dan menjadi panutan untuk para pemain muda lainnya.

Bahkan Ismed juga bisa dibilang cukup sangat setia memperkuat salah satu klub. Ismed memperkuat Persija sejak tahun 2003. pada saat itu ia sudah bertahan hampir 14 tahun hingga 2017.

Meski usianya sudah masuk 38 tahun, ia juga masih dipercaya untuk bermain menjadi pemain utama dan kapten tim. Fisiknya yang masih cukup sangat prima dan tendangan bebasnya juga masih bisa sangat diandalkan untuk memenangkan para pemain tim Persija Jakarta.

You May Also Like