Arda Güler The Next Lionel Messi

2 min read

Arda Güler lahir 25 Februari 2005 adalah pemain sepak bola profesional asal Turki. Bermain diposisi gelandang serang untuk klub La Liga Real Madrid dan tim nasional Turki.

Karier klub

Karier awal

Güler mengawali karir mudanya di klub Gençlerbirliği yang berbasis di Ankara, pada tahun 2014. Dia bergabung dengan barisan pemuda Fenerbahçe pada tahun 2019.

Fenerbahce

Real Madrid sign Turkish sensation Arda Guler for initial €20M |  theScore.com

Güler menandatangani kontrak profesional berdurasi dua setengah tahun dengan Fenerbahçe, pada 13 Januari 2021. Ia dianggap sebagai anak ajaib dan dipandang sebagai prospek masa depan yang besar.

VIDEO: How does Arda Güler fit at Real Madrid? - Managing Madrid

Real Madrid

Pada 6 Juli 2023, klub La Liga Real Madrid mengumumkan penandatanganan kontrak Güler dengan durasi enam tahun hingga Juni 2029. Kesepakatan itu disegel dengan memicu klausul pelepasannya dengan pembayaran awal sebesar €20 juta, yang melampaui klausul €17,5 juta dari kontrak sebelumnya dengan Fenerbahçe. Güler meminta Real Madrid untuk membayar melebihi klausul pelepasannya untuk mengumpulkan dana bagi mantan klubnya.

Karir internasional

Güler adalah pemain muda Turki yang pernah bermain di tim Turki U21. Dia melakukan debut internasional seniornya untuk Turki pada 19 November 2022, dalam kemenangan persahabatan 2-1 melawan Republik Ceko. Ia mencetak gol pertamanya ke gawang Wales di kualifikasi Euro 2024 pada 19 Juni 2023.

Gaya permainan

Güler adalah gelandang serang berkaki kiri yang juga bisa beroperasi di sayap kanan untuk memotong ke dalam dan menggunakan kakinya yang lebih kuat untuk membuat peluang menembak dan menciptakan umpan-umpan menentukan ke sepertiga akhir. Menurut Whoscored, dia adalah pemain kreatif dengan kemampuan bola mati yang luar biasa dan pemain licik yang dijuluki oleh media lokal sebagai “Messi Turki”. Dia mengidolakan Alex de Souza, mantan kapten dan salah satu pemain legendaris Fenerbahçe. Dia adalah gelandang pekerja keras modern dengan kontribusi pertahanan yang baik dan bahkan bisa bermain sebagai pemain penting di lini tengah.

BACA JUGA : Curtis Julian Jones “Scouse” The Next Steven Gerrard

 

You May Also Like