Paulinho “Monster Kecil Dari Brasil”

3 min read

José Paulo Bezerra Maciel Júnior (lahir 25 Juli 1988), dikenal sebagai Paulinho, adalah pemain sepak bola profesional Brasil yang bermain sebagai gelandang untuk Sport Club Corinthians Paulista. Dia juga mantan pemain internasional Brasil, membuat 56 caps antara tahun 2011 dan 2018.

Karier klub

Paulinho memulai karir bermainnya dengan Pão de Açúcar, bergabung dengan skuad muda pada tahun 2004. Setelah gagal menembus tim utama, Paulinho bergabung dengan klub Lithuania FC Vilnius pada tahun 2006. Dia bermain bagus untuk klub selama dua musim di Lithuania, mencetak gol lima gol dari 38 penampilan domestik. Tetapi pada akhir kampanye LFF Lyga 2007. FC Vilnius terdegradasi ke divisi dua dan Paulinho meninggalkan klub tempat ia pindah ke Polandia. Menandatangani kontrak dengan klub Ekstraklasa ŁKS Łódź. Setelah satu musim di Polandia di mana Paulinho membuat 17 penampilan liga, ia kembali ke Brasil dan klub pertamanya Pão de Açúcar pada musim panas 2008. Setelah satu musim yang sukses, Paulinho kembali berpindah, bergabung dengan tim Série B Bragantino pada tahun 2009.

Corinthians

Pada tahun 2009, bermain untuk Bragantino, dia menarik perhatian raksasa São Paulo Corinthians, dan ditandatangani oleh klub tersebut. Gol liga pertamanya untuk klub terjadi pada tanggal 30 Mei 2010, keluar dari bangku cadangan untuk mencetak gol.

Tottenham Hotspur

Pada tanggal 6 Juli 2013, klub Liga Premier Inggris Tottenham Hotspur mengkonfirmasi penandatanganan Paulinho setelah ia berhasil menyelesaikan tes medisnya dengan biaya yang dilaporkan hanya di bawah £17 juta. Ini adalah rekor biaya transfer klub pada saat itu. Namun, di jendela transfer yang sama, rekor ini dipecahkan dua kali dengan penandatanganan striker Roberto Soldado dari Valencia dan pemain sayap Erik Lamela dari Roma dengan kesepakatan awal senilai £25,8 juta, ditambah pembayaran bonus hingga £4,2 juta.

BACA JUGA :Harvey Elliott

Guangzhou Evergrande

Ditanggal 30 Juni 2015, Paulinho bergabung dengan klub Liga Super Tiongkok Guangzhou Evergrande dengan nilai transfer €14 juta (£9,9 juta), menandatangani kontrak berdurasi empat tahun. Dia ditandatangani oleh mantan manajer internasionalnya, Luiz Felipe Scolari.

Barcelona

Pada 14 Agustus 2017, Barcelona mengumumkan kesepakatan dengan Guangzhou Evergrande untuk pembelian Paulinho seharga €40 juta. Menurut Guangzhou Evergrande, Barcelona beberapa kali mengajukan tawaran yang gagal sebelum mengaktifkan klausul pelepasannya.

Gaya Bermain

Seorang gelandang yang cepat, pekerja keras, dan energik, Paulinho digambarkan sebagai gelandang box-to-box, dengan pergerakan yang kuat dan pergerakan yang bagus ke dalam kotak. Dia juga menawarkan kehadiran yang berguna dalam situasi bola mati di kedua ujung lapangan. Memiliki kaki yang baik, kekuatan fisik, kemampuan memenangkan bola yang baik, dan kemampuan mencetak gol dari lini tengah. Serta kepekaan posisi yang kuat dan kemampuan untuk memulai permainan menyerang setelah menguasai bola, dia adalah pemain yang berkemampuan lengkap. bermain di beberapa posisi lini tengah, dan juga telah digunakan sebagai gelandang tengah atau bertahan.

You May Also Like