Andrew Robertson “Si Gila Dari Britania Raya”

2 min read

Andrew Henry Robertson MBE (lahir 11 Maret 1994) atau dikenal dengan Andrew Robertson. Merupakan pemain sepak bola profesional Skotlandia yang bermain sebagai bek kiri untuk klub Liga Inggris Liverpool dan menjadi kapten tim nasional Skotlandia. Dianggap sebagai salah satu bek kiri terbaik di dunia, Robertson dikenal karena visi, atletis, dan kekuatan fisiknya.

BACA JUGA :Paulinho “Monster Kecil Dari Brasil”

Robertson memulai karir seniornya dengan Queen’s Park pada tahun 2012 sebelum bergabung dengan Dundee United setahun kemudian. Penampilannya selama musim pertamanya sebagai seorang profesional membuatnya dinobatkan sebagai Pemain Muda Terbaik PFA Skotlandia dan juga melakukan debut internasionalnya. Dia bergabung dengan Hull City pada Juli 2014 dengan biaya £2,85 juta. Robertson bermain untuk Hull dalam tiga musim, terdegradasi, dipromosikan, dan terdegradasi dalam beberapa tahun berturut-turut.

Dia bergabung dengan Liverpool pada Juli 2017 dengan biaya yang tidak diungkapkan, diyakini sebesar £8 juta. Robertson telah memenangkan beberapa penghargaan selama waktunya bersama Liverpool, termasuk Liga Champions pada tahun 2019 dan Liga Premier pada tahun 2020. Atas penampilannya di musim Liga Premier 2018-19, ia dinobatkan dalam Tim PFA Terbaik Tahun Ini. Pada tahun yang sama, ia memenangkan Piala Super UEFA dan Piala Dunia Antarklub FIFA. Dia juga memenangkan gelar ganda domestik, memenangkan Piala EFL dan Piala FA, pada musim 2021-22. Pada musim yang sama, Robertson sekali lagi finis di posisi kedua Liga Premier dan Liga Champions, kalah lagi di final dari Real Madrid.

Robertson melakukan debut internasional penuhnya untuk Skotlandia pada Mei 2014, dan diangkat menjadi kapten Skotlandia pada September 2018. Ia mewakili tim di UEFA Euro 2020.

Gaya Bermain

Sejak bergabung dengan Liverpool, Robertson dianggap sebagai salah satu bek kiri terbaik di dunia sepakbola. Fábio Aurélio, pendahulu Liverpool di posisi yang sama, memuji Robertson, dengan mengatakan “Satu hal yang menarik perhatian saya adalah dia selalu berkembang, dia tidak nyaman dalam situasinya menjadi pilihan pertama,” dan bahwa “Dua pemain penuh- lini belakang Liverpool saat ini sungguh luar biasa. Kami bisa bertanding dengan cara apa pun.

You May Also Like