Raphaël Guerreiro

2 min read

Raphaël Adelino José Guerreiro ComM (Portugis Eropa lahir 22 Desember 1993)  atau yang dikenal dengan Raphaël Guerreiro. Merupakan pemain sepak bola profesional yang bermain sebagai bek kiri atau gelandang untuk klub Bundesliga Bayern Munich dan tim nasional Portugal.

BACA JUGA :Marcos Alonso

Dia memulai karirnya di Caen, menandatangani kontrak pada tahun 2013 dengan Lorient di mana dia melakukan debutnya di Ligue 1. Pada bulan Juni 2016, ia bergabung dengan Borussia Dortmund, memenangkan dua DFB-Pokal dan DFL-Supercup 2019. Dia pindah ke Bayern Munich pada tahun 2023 dengan status bebas transfer.

KARIR INTERNASIONAL

Guerreiro menerima panggilan untuk mewakili tim Portugal U-21 setelah ditemukan oleh staf pelatih Rui Jorge, melakukan debutnya pada tanggal 21 Maret 2013 dengan kekalahan kandang 0-1 melawan Swedia. Pada tanggal 7 November 2014, meskipun dia hampir tidak bisa berbicara bahasa tersebut, dia dipanggil oleh Fernando Santos ke tim penuh, untuk kualifikasi UEFA Euro 2016 melawan Armenia dan pertandingan persahabatan dengan Argentina. Dia melakukan debutnya pada 14 November melawan mantan lawannya, bermain dengan kemenangan 1-0 di Faro. Empat hari kemudian, melawan Argentina, dia mencetak gol di menit-menit terakhir untuk satu-satunya gol di Old Trafford.

Guerreiro kembali ke tim U-21 untuk Kejuaraan Eropa UEFA 2015 di Republik Ceko, membantu mereka finis di tempat kedua. Dia adalah salah satu dari lima orang Portugis yang termasuk dalam Tim Turnamen.

Guerreiro dipilih oleh skuad utama untuk kampanye UEFA Euro 2016 mereka,[32] bermain 90 menit penuh di pertandingan pertama, bermain imbang 1-1 dengan Islandia di Saint-Étienne.[33] Portugal kemudian memenangkan kompetisi, mengalahkan tuan rumah Perancis 1-0 di final dalam perpanjangan waktu. Setelah penampilannya sepanjang kompetisi, ia dinominasikan untuk Penghargaan Pemain Muda Turnamen, yang akhirnya diberikan kepada rekan setimnya Renato Sanches.

Meskipun musimnya penuh cedera, Guerreiro terpilih untuk Piala Dunia FIFA 2018. Dia memulai empat pertandingan di Rusia, di babak 16 besar.

Guerreiro juga masuk skuad untuk UEFA Euro 2020. Dia membuka kemenangan 3-0 atas Hongaria di pertandingan grup pertama, tetapi mencetak gol bunuh diri di pertandingan berikutnya saat kalah 4-2 dari Jerman.

You May Also Like