Granit Xhaka “Xhakaboom”

2 min read

Granit Xhaka (lahir 27 September 1992) adalah pemain sepak bola profesional Swiss yang bermain sebagai gelandang untuk klub Bundesliga Bayer Leverkusen dan menjadi kapten tim nasional Swiss.

Xhaka memulai karirnya di klub kampung halamannya FC Basel, memenangkan Liga Super Swiss di dua musim pertamanya. Granit Xhaka kemudian pindah ke tim Bundesliga Borussia Mönchengladbach pada tahun 2012, mengembangkan reputasi sebagai pemain yang berbakat secara teknis dan pemimpin alami di samping kritik atas temperamennya.Dia diangkat menjadi kapten Borussia Mönchengladbach pada tahun 2015, memimpin tim ke kualifikasi Liga Champions UEFA untuk musim kedua berturut-turut. Xhaka menandatangani kontrak dengan klub Liga Premier Arsenal pada tahun 2016 dengan biaya sekitar £30 juta. Dia kemudian menjadi kapten klub, tetapi dicopot dari jabatan kapten kurang dari enam minggu kemudian karena sebuah insiden setelah diganti. Pada tahun 2023, ia menandatangani kontrak dengan klub Bundesliga Bayer Leverkusen setelah tujuh tahun di Arsenal.

BACA JUGA :Andrew Robertson “Si Gila Dari Britania Raya”

Xhaka adalah bagian dari tim Swiss yang memenangkan Piala Dunia FIFA U-17 2009. Dia melakukan debut seniornya pada tahun 2011 dan saat ini menjadi pemegang rekor penampilan nasional, dengan lebih dari 120 caps. Dia mewakili Swiss di Piala Dunia FIFA pada tahun 2014. 2018 dan 2022 serta Kejuaraan Eropa UEFA pada tahun 2016 dan 2020.

Kehidupan Pribadi Xhaka

Granit Xhaka mempunyai kakak kandung yakni Taulant Xhaka juga merupakan pesepakbola profesional yang bermain untuk Basel dan Timnasional Albania. Pada bulan Juli 2017, Xhaka menikah dengan wanita yang bernama Leonita Lekaj dan memiliki dua anak perempuan yang lahir ditaun 2019 dan 2021.

 

You May Also Like