Cristian Romero

2 min read

Cristian Gabriel Romero (lahir 27 April 1998), juga dikenal sebagai Cristian Romero. Adalah pemain sepak bola profesional Argentina yang bermain sebagai bek tengah untuk klub Liga Inggris. Tottenham Hotspur dan tim nasional Argentina. Romero dikenal dengan gaya bermain agresif, kemampuannya menguasai bola, dan dominasinya dalam duel udara.

Berasal dari sistem pemuda, Romero memulai karir seniornya pada tahun 2016 di Belgrano. Dia pindah ke Italia pada tahun 2018, bermain untuk Genoa. Romero dibeli oleh Juventus pada musim berikutnya. Dia dikirim kembali dengan status pinjaman ke Genoa, sebelum dipinjamkan ke Atalanta pada tahun 2020. Setelah dinominasikan sebagai Bek Terbaik Serie A pada 2020-21 bersama Atalanta, klub menggunakan opsi pembelian sebelum segera meminjamkan Romero ke Tottenham dengan kewajiban untuk membeli. Setelah masa pinjaman yang sukses, Romero direkrut oleh Tottenham pada tahun 2022.

Level Internasional

Romero telah mewakili Argentina di level U20, memenangkan tujuh caps di Kejuaraan U-20 Amerika Selatan 2017 di Ekuador. Pada bulan April 2017, ia dipanggil ke kamp pelatihan Argentina menjelang Piala Dunia FIFA U-20 2017 di Korea Selatan tetapi tidak terpilih dalam daftar skuad turnamen. Romero dipanggil untuk U23 pada September 2019.

Romero melakukan debutnya untuk tim nasional senior pada 3 Juni 2021 di kualifikasi Piala Dunia melawan Chile, bermain penuh. Dalam pertandingan berikutnya untuk Argentina pada tanggal 8 Juni, ia mencetak gol internasional pertamanya, datang dari sundulan keras melawan Kolombia setelah hanya 130 detik. Gol ini sekaligus memecahkan rekor gol tercepat yang pernah dicetak Argentina dalam pertandingan profesional, melampaui gol Diego Maradona setelah 168 detik melawan Venezuela pada tahun 1985.

Pada Juni 2021, ia dimasukkan dalam skuad 28 pemain Argentina terakhir Lionel Scaloni untuk Copa América 2021. Romero dimasukkan dalam Tim Turnamen di akhir, saat Argentina memenangkan kompetisi. Romero juga merupakan bagian integral dari tim Argentina yang memenangkan Piala Dunia FIFA 2022. Di mana ia menjadi starter dalam enam dari tujuh pertandingan termasuk final.

You May Also Like