Henrikh Mkhitaryan

2 min read

Henrikh Mkhitaryan (lahir 21 Januari 1989) adalah seorang pemain pesepak bola profesional asal Armenia. Yang kini bermain posisi gelandang serang atau gelandang sayap untuk tim klub Serie A, Inter Milan dan tim nasional Armenia.

Henrikh Mkhitaryan telah mendapat julukan Heno dari para rekan penggemarnya di Armenia pada awal kariernya. Dan baru-baru ini juga di juluki Mucke (nyamuk) oleh Bild dan Micki oleh penggemar Borussian Dormund. Ia juga pernah bermain untuk Pyunik Yerevan sebagai klun pertamanya ia bermain, kemudian ia bergabung dengan Metakurh Donetsk, Shaktar Donetsk, Manchester United, Arsenal dan AS Roma. Pada Juli 2022 ia kini bergabung ke Inter Milan dengan menandatangani kontrak selama dua tahun.

BACA JUGA : Pierre-Emile Højbjerg

Kehidupan awal

Mkhitaryan dilahirkan pada tangal 22 Januari 1989 pasangan Marina Taschian dan Halmet Mkhitaryan di ibu kota Armenia, Yerevan. Ayahnya adalah juga seorang striker terkemuka FC Ararat Yerevan selama tahun 1980 an. Yang pada saat itu meninggal karena menyidap penyakit tumor otak pada usia 33 tahun. Ibunya adalah sorang departemen tim nasional di Fedeasi Sepak Bola Armenia dan kakak permpuanya Monica, kini berkerja di kantor pusat UEFA.

Karier klub

Mkhitaryan kini bergabung dengan tim muda Pyunik FC pada tahun 1995 dan menerima gaji pertamanya pada usia 15 tahun. Ia kemudian di promosihkan ke tim utama Pyunik FC , dan membuat debut profesional pada saat tahun 2006 di usia 17 tahun. Ia terakhir kali bermain untuk klub ini di musim liga 2009. Selamamusim itu ia telah mencetak gol sebanyak 11 gol dalam 10 pertandingan liga. Dalam empat musim di tim Pyunik mereka juga tlah menjuarai Liga Premier Armenia empat kali (2006,2007,2008 dan 2009). Mereka juga memenangkan Piala Super Armenia dua kali 2007 dan 2009 dan Piala Armenia sekali 2009. jika secara total ia muncul dalam 70 pertandinganliga untuk tim klub ini dengan total skor 30 gol dan 89 total penampilan dengan 35 gol.

You May Also Like