Éder Militão

2 min read

Éder Gabriel Militão atau yang dikenal dengan nama punggu Éder Militão, lahir pada tanggal 18 Januari 1998. Merupakan pemain sepak bola profesional Brasil yang bermain sebagai bek tengah untuk klub La Liga Real Madrid dan tim nasional Brasil. Dianggap sebagai salah satu bek terbaik di dunia, ia dikenal karena kemampuan tekel, penandaan, dan udaranya. Terutama sebagai bek tengah, ia juga bisa bermain sebagai bek kanan.

BACA JUGA :Henrikh Mkhitaryan

Militão memulai karirnya di São Paulo, memainkan 57 pertandingan dalam rentang waktu dua tahun sebelum pindah ke Porto. Pada tahun 2019, setelah satu musim di Portugal, ia bergabung dengan Real Madrid dengan biaya transfer yang dilaporkan sebesar €50 juta. Ia memenangkan dua gelar La Liga, Liga Champions pada tahun 2022 dan Piala Dunia Antarklub FIFA pada tahun 2022.

KARIR INTERNASIONAL

Pada bulan September 2018, Militão dipanggil oleh pelatih Tite untuk pertandingan persahabatan Brasil di Amerika Serikat melawan tuan rumah dan El Salvador setelah Fagner mengundurkan diri karena cedera. Dia melakukan debutnya pada 11 September melawan tim Salvador di FedExField, bermain 90 menit penuh dengan kemenangan 5-0.

Militão ditunjuk untuk Copa América 2021, sekali lagi di kandang sendiri. Dia memulai tiga pertandingan grup, dan yang terakhir melawan Ekuador di Goiânia pada 27 Juni. Dia mencetak gol internasional pertamanya untuk bermain imbang 1-1. Di babak sistem gugur, saat Brasil mencapai final, tempatnya di samping Marquinhos diambil alih oleh Thiago Silva.

Pada 7 November 2022, Militão masuk dalam skuad Piala Dunia FIFA 2022. Tidak digunakan dalam pertandingan pembuka melawan Serbia. Ia bermain sebagai bek kanan menggantikan Danilo yang cedera dalam kemenangan 1-0 atas Swiss di pertandingan grup kedua. Dan mempertahankan tempatnya selama sisa babak perempat-final. final saat Danilo yang sudah pulih ditempatkan di sayap kiri. Dengan kualifikasi yang sudah diamankan, ia menjadi starter di pertahanan tengah bersama Bremer dalam kekalahan 1-0 dari Kamerun di pertandingan grup terakhir.

 

You May Also Like