Kepa Arrizabalaga

2 min read

Kepa Arrizabalaga Revuelta (lahir 3 Oktober 1994), dikenal hanya sebagai Kepa, adalah pemain sepak bola profesional Basque Spanyol yang bermain sebagai penjaga gawang untuk klub La Liga Real Madrid, dengan status pinjaman dari klub Liga Inggris Chelsea, dan tim nasional Spanyol.

Arrizabalaga memulai karir klub seniornya bersama Athletic Bilbao. Dia bermain untuk Basconia, dan bergabung dengan Ponferradina dan Real Valladolid dengan status pinjaman berturut-turut, antara tahun 2011 dan 2016.

Dia kemudian kembali ke Bilbao dan menjadi pemain reguler tim utama; pada tahun 2018, ia menjadi subjek rekor transfer sepak bola asosiasi ketika ia pindah ke Chelsea dengan nilai transfer €80 juta (£72 juta), rekor biaya untuk seorang penjaga gawang. Di sana, ia memenangkan Liga Eropa UEFA, Liga Champions UEFA, dan Piala Super UEFA.

Kepa Arrizabalaga

BACA JUGA : Antoine Griezmann “GriezmannKante”

Arrizabalaga memenangkan Kejuaraan Eropa 2012 bersama tim Spanyol U-19. Ia melakukan debut seniornya pada tahun 2017, dan menjadi bagian dari skuad nasional Piala Dunia 2018, meski tidak tampil di turnamen tersebut.

Karir Internasional

Setelah tampil untuk Spanyol U-18, Arrizabalaga dipanggil ke tim U-19 untuk Kejuaraan Eropa UEFA tahun itu. Dia menjadi starter selama turnamen, saat timnya dinobatkan sebagai juara. Sorotannya termasuk keberhasilan 3–3 di semifinal melawan Prancis, di mana dia menyelamatkan dua penalti dalam adu penalti.

Kepa Arrizabalaga melewatkan Piala Dunia FIFA U-20 2013 karena cedera, digantikan dalam skuad turnamen oleh Rubén Yáñez. Pada 8 November 2013 ia dipanggil ke tim U-21, bersama rekan setimnya di Athletic Iker Muniain.

Arrizabalaga dipanggil ke tim senior pada 22 Maret 2017 menjelang kualifikasi Piala Dunia FIFA 2018. Melawan Israel dan pertandingan persahabatan dengan Prancis, sebagai pengganti Pepe Reina yang cedera. Dia mendapatkan penampilan pertamanya pada 11 November tahun itu, bermain 90 menit penuh dalam kemenangan persahabatan 5-0 atas Kosta Rika di Málaga.

Arrizabalaga masuk dalam skuad 23 pemain Spanyol untuk Piala Dunia FIFA 2018 di Rusia. Meskipun ia tidak bermain di turnamen tersebut.

You May Also Like