Antoine Griezmann “GriezmannKante”

2 min read

Antoine Griezmann yang  lahir  pada tanggal 21 Maret 1991. Merupakan pemain sepak bola profesional Perancis yang bermain sebagai penyerang untuk klub La Liga Atlético Madrid dan tim nasional Perancis. Dianggap sebagai salah satu pemain terbaik di generasinya, ia dikenal karena keserbagunaannya, menyerang, mengoper, dan mendukung pertahanan.

BACA JUGA : Trent John Alexander Arnold

Antoine Griezmann memulai karir klub seniornya bersama Real Sociedad, memenangkan Segunda División di musim pertamanya. Pada tahun 2014, ia bergabung dengan Atlético Madrid dengan rekor klub saat itu €30 juta dan memenangkan Liga Eropa UEFA. Piala Super UEFA, Supercopa de España, dan Pemain Terbaik La Liga.

Ia dinominasikan untuk Ballon d’Or dan Pemain Pria Terbaik FIFA pada tahun 2016 dan 2018. Pada tahun 2019, Griezmann menjadi subjek rekor transfer sepak bola asosiasi ketika ia menandatangani kontrak dengan Barcelona dengan nilai transfer €120 juta. Menjadi pemain termahal kelima sepanjang masa. Di sana, ia memenangkan Copa del Rey. Sebelum kembali ke Atlético Madrid pada tahun 2021, menjadi pencetak gol terbanyak klub sepanjang masa.

Di tingkat internasional, Griezmann memenangkan Kejuaraan Eropa U-19 UEFA 2010 dan melakukan debut seniornya untuk Prancis pada tahun 2014 pada usia 22 tahun dia telah mencatatkan lebih dari 120 caps, menempati peringkat sebagai pemain dengan caps terbanyak kelima di Prancis, dan dengan lebih dari 40 gol yang dicetak, dia juga merupakan pencetak gol terbanyak ketiga sepanjang masa di negara itu.

Antoine Griezmann "GriezmannKante"

Dia finis sebagai pencetak gol terbanyak dan Pemain Terbaik Turnamen saat Prancis menjadi runner-up di UEFA Euro 2016, dan memenangkan Sepatu Perak sebagai pencetak gol tertinggi kedua saat Prancis memenangkan Piala Dunia FIFA 2018. Dia memenangkan Bola Perunggu sebagai pemain terbaik ketiga turnamen, dan juga dinobatkan sebagai man of the match di final. Di Piala Dunia FIFA 2022, ia bermain sebagai gelandang tengah saat Prancis menjadi runner-up.

 

You May Also Like