Alessandro Nesta

2 min read

Alessandro Nesta Ufficiale OMRI lahir 19 Maret 1976 adalah manajer sepak bola profesional Italia dan mantan pemain yang saat ini menjadi manajer klub Serie B Reggiana. Biasanya ditempatkan sebagai bek tengah, ia secara luas dianggap sebagai salah satu bek terbaik sepanjang masa. Dia terkenal karena kecepatannya, tekel artistiknya, keanggunan bolanya, distribusinya, dan penjagaannya yang ketat terhadap lawan.

BACA JUGA :Paolo Maldini”El Capitano”

Dia membuat lebih dari 400 penampilan Serie A dalam 20 tahun karirnya antara Lazio dan AC Milan, memenangkan penghargaan domestik dan Eropa bersama kedua klub. Kemudian dalam karirnya, dia bermain di Major League Soccer (MLS) untuk Montreal Impact, dan untuk Chennaiyin dari Liga Super India. Nesta adalah empat kali Pembela Terbaik Serie A Tahun Ini dan empat kali anggota Tim Terbaik UEFA tahunan. Pada tahun 2004, ia dinobatkan sebagai salah satu dari 100 pesepakbola terhebat yang masih hidup sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-100 FIFA. Pada tahun 2021, ia dilantik ke dalam Hall of Fame Sepak Bola Italia.

Karir Internasional Alessandro Nesta

Nesta memulai karirnya untuk Italia dan menjadi anggota skuad U-21 yang memenangkan Kejuaraan Sepak Bola U-21 Eropa UEFA 1996. Di final melawan Spanyol, setelah bermain imbang 1-1, ia mengambil penalti keempat Italia dalam kemenangan adu penalti 4-2. Beberapa bulan kemudian, ia dimasukkan ke dalam skuad Italia UEFA Euro 1996 di Inggris oleh Arrigo Sacchi. Namun tidak masuk dari bangku cadangan karena Italia tersingkir di babak penyisihan grup oleh finalis Jerman dan Republik Ceko. Dia mendapatkan topi pertamanya untuk Azzurri di bawah Cesare Maldini di kualifikasi Piala Dunia FIFA 1998 melawan Moldova pada tanggal 5 Oktober 1996 dan akhirnya membuat tujuh penampilan di kampanye kualifikasi.

Pada turnamen final, Nesta bermain di ketiga pertandingan grup, bermain bersama Paolo Maldini. Fabio Cannavaro, Alessandro Costacurta dan Giuseppe Bergomi, membantu Italia menjaga clean sheet melawan Kamerun. Namun, dia tidak tampil lagi karena cedera, saat Italia disingkirkan oleh tuan rumah dan akhirnya juara Prancis melalui adu penalti di perempat final.

Setelah tampil dibeberapa kejuaraan dunia di umur yang sangat muda. Nesta pun menjadi pemain belakang yang cukup matang dan sesekali membantu penyerangan dengan sangat baik. Dengan postur yang cukup ideal, Nesta selalu di percaya menjadi pemain balakang Tim Nasional Italia. Namun beberapa kali dibekap cedera membuat Nesta kehilangan kesempatan memperkuat Italia di berbagai ajang Internasional. Termasuk di turnamen bergengsi Piala Dunia 2004, Yang pada saat itu Italia menjadi juara di Turnamen tersebut.

You May Also Like