Paolo Maldini”El Capitano”

2 min read

Paolo Maldini (lahir 26 Juni 1968) ia adalah seorang mantan pemain sepak bola profesional asal Italia. Yang bermain pada posisi sebagai bek kiri dan bek tengah di klub Serie A, AC Milan. Dan Tim nasional sepak bola Italia. Ia kini telah menghabiskan seluruh kariernya di Serie A selama 25 tahun bersama tim AC Milan. Sebelum ia pensiun pada umur 41 pada tahun 2009. Ia memenangi sebanyak 25 piala bersama tim AC Milan yaitu: Liga Champions UEFA sebanyak 5 kali, Serie A sebanyak 7 kali, Piala Italia 1 kali, Piala Super Italia 5 kali, dari Piala Super UEFA 4 kali, Piala Interkontinental 2 kali dan 1 Piala Dunia Antarklub FIFA.

Paolo Maldini Pemain yang memiliki tinggi ukuran 188 cm. Maldini adalah salah satu legenda dari pemain sepak bola yang sangat di segani.

“Maldini kini memulai debut bermainya bersama Timnas Italia pada tahun 1988. Dan menikmati masa karier timnasnya. Selama 14 tahun sebelum ia pensiun pada tahun 2002 dengan menorehkan rekor golnya sebanyak 7 gol dan 126 penampilan. Yang merupakan suatu rekor penampilan pada waktu itu, yang kini hanya dapat dilampaui oleh Fabio Cannavaro pada tahun 2009. Dan Gianluigi Buffon pada tahun 2013. Maldini kini menjadi kapten timnas Italia selama 8 tahun dan telah memegang rekor penampilan sebagai kapten timnas Italia sebanyak 74 kali. Sampai kemudian kini di ambil alih sekali lagi oleh Cannavaro, pada tahun 2010, bersama timnas Italia.

BACA JUGA : Tim Krul Penjaga Gawang Legendaris Belanda

Maldini kini berpatisipasi dalam Kejuaraan Eropa UEFA sebanyak 3 kali dan Piala Dunia FIFA seabnyak 4 kali. Meskipun kini dia tidak memenangi 1 turnamen pun bersama timnas Italia, tetapi kini dia juga pernah membawa salah satu timnas Italia mencapai final pada Piala Dunia FIFA 1994 dan dari Kejuaraan Eropa UEFA 2000, dan semifinal Piala Dunia FIFA 1990 dan Kejuaraan Eropa UEFA 1988. Dia terpilih dalam tim all-star pada saat ia bermain setiap turnamen-turnamen ini.

Karier
Debut Maldini di Serie A terjadi pada tahun 1985 saat melawan Udinese, saat berusia 16 tahun. Sejak saat itu dia pun mempunyai karier yang cemerlang, telah memenangi banyak trofi bersama tim Milan (hingga 2007: 7 gelar Serie A dan 5 gelar Liga Champions). Maldini pun kini bisa dikatakan adalah pemain bek terbaik di dunia pada puncak kariernya. Hal ini ditandai dengan keberhasilan Maldini yang kini meraih peringkat tiga dalam Ballon d’Or versi majalah France Football pada tahun 1994 dan 2003.

You May Also Like