Andriy Shevchenko

2 min read

Andriy Mykolayovych Shevchenko, atau Andriy Shevchenko lahir 29 September 1976. Merupakan seorang politikus Ukraina, mantan pemain sepak bola profesional pemain dan manajer. Shevchenko bermain sebagai striker untuk Dynamo Kyiv, AC Milan, Chelsea dan tim nasional Ukraina. Dia terakhir menjadi pelatih kepala klub Serie A Genoa. Shevchenko dianggap sebagai salah satu striker terhebat sepanjang masa dan pemain terhebat Ukraina. Ia merupakan top skorer sepanjang masa timnas Ukraina dengan 48 gol.

BACA JUGA : Alessandro Nesta

Shevchenko memulai karirnya di Dynamo Kyiv dan memenangkan lima gelar liga berturut-turut sebelum menandatangani kontrak dengan Milan. Di Milan, ia membuktikan dirinya sebagai salah satu striker top di Eropa dan memenangkan Liga Champions UEFA pada tahun 2003. Ia juga memenangkan berbagai gelar liga dan piala di Ukraina, Italia dan Inggris. Sheva juga menjadi runner-up Liga Champions pada tahun 2005 dan 2008. Ia masuk dalam FIFA World XI untuk tahun 2005. Pada tahun 2004, ia dinobatkan sebagai salah satu dari 100 pesepakbola terhebat yang masih hidup sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-100 FIFA, dan pada tahun pada tahun yang sama ia juga menerima Ballon d’Or. Dalam karir internasionalnya, ia memimpin Ukraina sebagai kapten ke perempat final dalam penampilan pertama mereka di Piala Dunia FIFA pada tahun 2006, dan juga mengambil bagian di UEFA Euro 2012 di kandang sendiri.

Shevchenko menduduki peringkat ketujuh pencetak gol terbanyak di semua kompetisi klub UEFA dengan 67 gol. Dengan total 175 gol yang dicetak untuk Milan, ia merupakan pemain paling produktif kedua dalam sejarah klub, dan juga merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa Derby della Madonnina (derby antara Milan dan rival lokalnya, Inter Milan). dengan 14 gol.

Berhenti dari sepak bola untuk politik pada tahun 2012, ia mencalonkan diri untuk pemilihan Parlemen Ukraina pada pemilihan parlemen Ukraina pada bulan Oktober 2012, tetapi partainya gagal memenangkan perwakilan parlemen. Ia kembali ke dunia sepak bola pada tahun 2016, sebagai asisten pelatih timnas Ukraina pada Februari hingga Juli, saat dipimpin oleh Mykhaylo Fomenko. Pada Juli 2016, Shevchenko ditunjuk sebagai pelatih kepala Ukraina, dan memimpin negara itu ke perempat final UEFA Euro 2020. Shevchenko menjadi Wakil Presiden Komite Olimpiade Nasional Ukraina pada 17 November 2022. Ia meninggalkan Komite Olimpiade Nasional pada Januari 2023 karena ketidaksepakatan dengan hasil pemilihan Presiden barunya Vadym Gutzeit.

You May Also Like