Zinédine Yazid Zidane

2 min read

Zinédine Yazid Zidane. (IPA: [ˌzineˈdin jaziːd ziˈdan]; bahasa Arab: زين الدين زيدان, lahir 23 Juni 1972), lebih banyak dikenal sebagai nama Zizou. Dia adalah seorang mantan pemain dan sekaligus mantan pelatih Real Madrid, yang kini sukses meraih tiga gelar di Liga Champions berturut-turut. Dia juga merupakan salah satu seorang pelatih paling sukses di dunia. Zidane secara luas juga dianggap sebagai salah satu pemain terhebat sepanjang masa, dan seorang playmaker elit yang terkenal karena keanggunan, visi, operan, kontrol bola, serta tekniknya.

Sebagai salah satu pemain sepak bola kelas dunia. Zidane juga telah mengenyam banyak prestasi, yang dimana di antaranya dua gelar Serie A bersama Juventus. Satu gelar Liga Champions dan satu gelar La Liga bersama Real Madrid. Zidane juga sukses mengantar para pemain team Prancis menjadi juara dunia di Piala Dunia FIFA 1998 dan juara Piala Eropa 2000. Bersama sahabatnya yaitu Ronaldo, Zidane menjadi salah satu pemain sepak bola yang mampu meraih gelar Pemain Terbaik Dunia FIFA sebanyak tiga kali. sebelumnya Ia juga pernah meraih Ballon d’Or pada tahun 1998.

BACA JUGA :Bintang Muda Mu Alejandro Gernacho Pemain Yang Sangat Memukau Di Usia nya Yang Muda

Anaknya yang kini juga mengikuti jejak Zidane sebagai salah satu pemain sepak bola. Keempat anaknya pun bermain untuk Akademi Real Madrid. Enzo (24 Maret 1995), Theo (18 Mai 2002) dan Elyaz (26 Desember 2005) berposisi sebagai pemain gelandang. Sedangkan Luca (13 Mai 1998) berposisi sebagai pemain penjaga gawang.

Pada tanggal 4 Januari 2016, dalam konferensi pers yang dilakukan oleh Florentino Pérez, Zidane juga didaulat menjadi seorang pelatih di team Real Madrid telah menggantikan Rafael Benítez.

Perjalanan karier

Zidane adalah seorang pemain yg dilahirkan di Marseille dan dibesarkan di La Castellane. Walaupun lahir di Marseille, Zizou pun belum pernah bermain untuk Olympique de Marseille. Orang tua Zidane beragama Islam, dan mereka berimigrasi dari Aljazair ke Prancis pada tahun 1954.[2]

 

You May Also Like