Wayne Mark Rooney

2 min read

Wayne Mark Rooney (lahir 24 Oktober 1985) iya adalah seorang pelatih dan sebelumnya dia juga mantan pemain sepak bola profesional. Sebagai pemain profesional, Rooney juga dikenal saat bermain sebagai posisi penyerang untuk klub-klub seperti Everton, Manchester United, D.C. United, dan Derby County, serta tim nasional Inggris.

Pada saat berumur sembilan tahun. Rooney juga bergabung dengan pemain tim muda dari asal Everton, dan dia juga membuat debut profesional pada tahun 2002 pada saat usianya 16 tahun. Ia telah menghabiskan dua musim di klub Merseyside tersebut. Sebelum pindah ke Manchester United seharga £ 25.600.000 di jendela transfer musim panas 2004. Pada tahun yang sama, Rooney juga memperoleh julukan “Wazza”. Sejak itu, dengan Rooney berada dalam tim. United telah memenangkan Liga Premier sebanyak lima kali, Liga Champions sekali, Piala Dunia Antarklub FIFA sekali dan Piala Liga dua kali. Pada bulan Maret 2014, Rooney juga telah mencetak gol ke-212 untuk team United, kini membuatnya menjadi salah satu pencetak gol tertinggi ketiga di sepanjang masa bagi klub.

BACA JUGA :Zinédine Yazid Zidane

Rooney telah menjalani debut pemain internasional senior pada tahun 2003, menjadi salah satu pemain termuda yang kini mewakili Inggris (rekor dipatahkan oleh Theo Walcott). Dia juga pernah menjadi pencetak gol termuda pamain Inggris. Ia juga bermain di UEFA Euro 2004 dan mencetak sebanyak empat gol, menjadi salah satu pemain pencetak gol termuda dalam sejarah Piala Eropa. Rooney tampil di Piala Dunia 2006 dan 2010 dan dia secara luas dianggap sebagai salah satu pemain terbaik untuk negaranya. Dia juga telah memenangkan Inggris Player of the Year dua kali, tahun 2008 dan 2009. Pada Juni 2014, ia telah mengemas 95 caps internasional dan mencetak 40 gol, membuatnya menjadi salah satu pencetak gol kelima tertinggi Inggris dalam sejarah. Seiring dengan David Beckham. Rooney adalah seorang pemain yang paling sering dikartu merah untuk Inggris, yang telah diterima sebanyak dua kali.

Awal karier

Rooney lahir di Croxteth, Liverpool dari pasangan seorang Jeanette Marie (née Morrey) dan Thomas Wayne Rooney. Dia adalah seorang dari keturunan Irlandia. Dan telah dibesarkan sebagai seorang Katolik Roma dengan adik yang bernama Graham dan John. Ketiganya adalah seorang alumni dari sekolah dasar Our Lady dan St Swithin ‘s dan De La Salle Humaniora College. Ia telah dibesarkan dalam lingkungan yang mendukung tim Everton.

You May Also Like