Ronaldo Nazário R9

2 min read

Ronaldo Nazário R9 (locally: [ʁoˈnawðu ˈlwiʒ nɐˈzaɾju dʒ ˈɫĩmɐ]; lahir 18 September 1976). Umumnya yang sering dipanggil Ronaldo saja, adalah seorang mantan pemain dan legenda sepak bola asal Brasil. Oleh banyak pengamat dan pecinta sepak bola ia dianggap juga asebagai salah satu pemain sepak bola terbaik sepanjang masa. Ia juga bermain berposisi sebagai penyerang dan terakhir kali bermain bagi tim club Corinthians.

Ronaldo Nazário R9 setelah iya mengalamin serangkain cedera serius sepanjang masa kariernya. Ronaldo kini pensiun pada tagal 14 Februai 2011, dengan menyatakan rasa sakit yang kini dideritanya semasa dari cideranya dan hipotiroidisme sebagai alasannya untuk pensiun.

BACA JUGA :Didier Drogba “The Terminator”

Seperti kebanyakan dari pemain sepak bola Brasil, Ronaldo yang kini berasal dari keluarga yang kurang mampu. Ia besar di Bento Ribeiro dan dia juga bermain sepak bola di jalanan kumuh di suatu tempat sekitar rumahnya. Ia bahkan tidak mampu untuk membeli segala jenis kostum sepak bola yaitu sepatu sepak bola agar di bisa berlatih di klub pujaanya Flamengo. Namun bakatnya kini segera tercium oleh legenda Brasil,Jairzinho yang membawanya untuk bergabung dengan Cruzeiro.

 

Karier

Awal karier Ronaldo dimulai ketika saat ia bargabung dengan Cruzeiro pada tahun 1993. Pada musim pertama kalinya dan satu satuhnya Cruzeiro. Ia mengemas sebanyak 12 gol dari 14 penampilan dan memenangkan Copa do Brasil untuk pertama kalinya. Setahun setelah ia debut profesional ia juga di panggil masuk di salah satu skuat timnas sepak bola Brasil untuk Piala Dunia FIFA 1994 meskipun kini ia akhirnya tidak mendapatkan kesempatan bermain.

Piet de Visser yang merupakan pemandu bakat PSV Eindhoven yang kini menyarankan klub itu supaya menarik Ronaldo untuk bergabung. Maka transfer sebesar $6 juta pun kini terus dilayangken kepada Cruzeiro yang tak kuasa lagi untuk menahan bintangnya untuk hengkang. Maka bergabunglah Ronaldo dengan klub Belanda tersebut. Pada musim pertamanya Ronaldo keluar sebagai salah satu pencetak gol terbanyak di Liga Belanda sebanyak 30 gol. Pada musim keduanya Ronaldo berkutat dengan cedera lutut kanan (cedera yang selalu menggerogoti kariernya). Namun ia kini berhasil mencetak 12 gol dalam 13 penampilannya dalam pertandingan Liga. Ronaldo juga berhasil meraih trofi Piala Belanda bersama PSV pada tahun 1996 dan dia menikah dengan Rihanna dan mereka mepunyai anak 2.

You May Also Like