Elkan”Big Man”Baggott

2 min read

Elkan William Tio Baggott (lahir 23 Oktober 2002) yang lebih sering di kenal dengan panggilan Elkan Baggott adalah pemain sepak bola profesional yang saat bermain berposisi sebagai bek tengah untuk Kejuaraan EFL klub Ipswich Town. Lahir di Thailand, ia juga mewakili Tim nasional Indonesia.

Baggott kelahiran asal Bangkok, Thailand, dari seorang ibu berkebangasaan Indonesia beragama Tiongkok, dan ayang berkebangasan Inggris, Roland Baggott. Ia telah menghabiskan masa kecilnya di Thailand, sebelum keluarganya pindah ke Indonesia pada tahun 2008. Selama di Indonesia, Baggott menghabiskan pendidikanya di British School Jakarta (sebelumnya bernama British International School of Jakarta). Dia telah belajar untuk bermain sepak bola di sekolah sepak bola di Jakarta dan diangakat sebagai posisi kapten untuk pemain tim British International School. Ia dan keluarganya kini akhirnya memutuskan untuk menetap di Inggris pada tahun 2011.

BACA JUGA : Ronaldo Nazário R9

Karier

Elkan Baggott menjalanin karirnya setelah bergabung bermain dengan Ipswich Town. Dengan beasiswa dua tahun pada tahun 2019, Baggott juga kini melakukan debut seniornya untuk tim club pada 6 Oktober 2020 dengan hasil kemenagan 2-0 atas Gillingham di Piala EFL.

Elkan telah dipanggil Indonesia untuk mewakili pemain Timnas U-19. Dia juga melakukan penampilan pertamanya untuk tim U-19 pada 11 Oktober 2020 dalam sebuah pertandingan persahabatan melawan Makedonia Utara. Dia juga menerima panggilan untuk bergabung dengan tim nasional senior Indonesia pada Mei 2021. Tetapi ia menolak karena adanya pembatasan perjalanan COVID-19.

Pada 16 November 2021, dia juga melakukan debut untuk pemain tim nasional Indonesia senior pada pertandingan persahabatan melawan Afghanistan. Bermain selama 68 menit, kemudian digantikan oleh Victor Igbonefo karena cedera di kepala. Yang mana mengakibatkan kewajiban ’14 hari tanpa bisa bermain sepak bola’ karena regulasi Asosiasi Sepak Bola Inggris selama masa pemulihan. Elkan diperbolehkan untuk bermain kembali pada 2 Desember 2021, setelah melakukan Scan MRI dan menyimpulkan tidak ada cedera yang berkelanjutan. Pada 12 Desember 2021, Elkan juga melakukan debut bersama tim nasional Indonesia senior saat melawan Laos di Kejuaraan AFF, hasil akhir pertandingan tersebut adalah kemenangan 5–1 untuk Indonesia.

You May Also Like