Andre Silva

3 min read

André Miguel Valente da Silva atau yang dikenal dengan nama Andre Silva, Ia lahir 6 November 1995. Merupakan pemain sepak bola profesional Portugal yang bermain sebagai striker untuk klub La Liga Real Sociedad. Dengan status pinjaman dari RB Leipzig, dan tim nasional Portugal.

BACA JUGA :Didier Drogba “The Terminator”

Lulusan akademi Porto, ia tampil mengesankan selama bermain di tim cadangan sebelum melakukan debut bersama tim utama pada tahun 2015. Ia akhirnya membuat 58 penampilan untuk klub, mencetak 24 gol sebelum bergabung dengan AC Milan pada tahun 2017. Ia kemudian mewakili Sevilla dan Eintracht Frankfurt dengan status pinjaman, menandatangani kontrak permanen dengan Eintracht Frankfurt pada tahun 2020. Setelah musim yang memecahkan rekor klub, di mana ia mencetak 28 gol, ia pindah ke RB Leipzig juga di Bundesliga dengan biaya yang dilaporkan sebesar €23 juta.

Karir Internasional

Andre Silva mewakili Portugal di setiap level pemuda. Dia berpartisipasi dengan tim U-20 di Piala Dunia FIFA 2015. Mencetak empat gol di babak penyisihan grup saat negaranya mencapai perempat final. Sebelumnya, di Kejuaraan U-19 Eropa UEFA 2014, ia menjadi pemain pertama yang mencetak empat gol dalam satu pertandingan (kekalahan 6-1 di babak grup dari Hongaria), dan akhirnya menjadi runner-up untuk tim U-19.

Pada 8 September 2015, dalam penampilan pertamanya bersama tim U-21. Silva mencetak hat-trick dalam 19 menit (gabungan kedua babak), berkontribusi pada kemenangan 6-1 melawan Albania di kualifikasi Kejuaraan U-21 Eropa 2017.

Timnas Senior Portugal

Silva dipanggil untuk pertama kalinya ke tim senior oleh pelatih kepala Fernando Santos pada 26 Agustus 2016. Bermain di paruh kedua kemenangan persahabatan 5-0 atas Gibraltar di Porto pada 1 September. Dia mencetak gol pertamanya bersama skuad utama Portugal pada 7 Oktober. Menampilkan kekalahan telak 6-0 dari Andorra di kualifikasi Piala Dunia FIFA 2018. Tiga hari kemudian, untuk kompetisi yang sama, ia mencetak tiga gol di paruh pertama saat mereka mengalahkan Kepulauan Faroe dengan skor 6-0.

Silva terpilih untuk Piala Konfederasi FIFA 2017, melakukan debut turnamennya ketika ia menggantikan Ricardo Quaresma selama delapan menit terakhir dalam hasil imbang 2-2 penyisihan grup dengan Meksiko. Dia mencetak gol pertamanya di kompetisi pada tanggal 24 Juni, bermain 90 menit penuh dalam kemenangan 4-0 melawan Selandia Baru. Di perebutan tempat ketiga, di mana timnya akhirnya mengalahkan Meksiko 2-1 setelah perpanjangan waktu, penalti awalnya diselamatkan oleh Guillermo Ochoa.

Pada bulan Mei 2018, Silva masuk dalam skuad terakhir Portugal untuk Piala Dunia FIFA, yang juga akan diadakan di Rusia. Pada akhir bulan itu, ia mencetak gol ke-1000 dalam sejarah tim nasional pada paruh pertama pertandingan persahabatan dengan Tunisia di Braga. Dia melakukan debutnya di kompetisi pada tanggal 15 Juni. Menggantikan Gonçalo Guedes di menit ke-80 dalam hasil imbang 3–3 penyisihan grup melawan Spanyol.

Silva terpilih untuk turnamen UEFA Euro 2020 yang tertunda pada 20 Mei 2021. Menggantikan Diogo Jota pada menit ke-70 saat kalah 1-0 dari Belgia di babak 16 besar. Pada November 2022, ia masuk skuad terakhir untuk Piala Dunia di Qatar. Satu-satunya penampilannya saat tersingkir di perempat final adalah 30 menit saat ia kalah 2-1 melawan Korea Selatan di babak penyisihan grup.

You May Also Like