Robin van Persie

2 min read

Robin van Persie (lahir 6 Agustus 1983) adalah pelatih sepak bola Belanda dan mantan pemain sepak bola profesional yang berposisi sebagai striker. Dianggap sebagai salah satu striker terbaik di generasinya. Van Persie dikenal karena teknik dan kontrol bolanya yang luar biasa, penempatan posisi yang cerdas, dan visinya. Dia adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk tim nasional Belanda. Dia saat ini menjadi asisten manajer di klub masa kecilnya Feyenoord dalam peran manajerial pertamanya.

BACA JUGA : Theo Hernandez “Form Zero to Hero”

Memulai karirnya sebagai pemain sayap. Van Persie melakukan debut seniornya untuk Feyenoord pada musim 2001-02, yang berpuncak dengan kemenangan di Final Piala UEFA 2002. Dia juga dinobatkan sebagai Talent Sepak Bola Belanda Tahun Ini. Setelah lima tahun bersama Feyenoord, ia berselisih dengan manajer Bert van Marwijk. Dan ia bergabung dengan klub Inggris Arsenal pada tahun 2004 sebagai pengganti jangka panjang rekan senegaranya Dennis Bergkamp. Van Persie diubah menjadi striker oleh manajer Arsene Wenger dan kemudian menjadi pencetak gol andalan Arsenal. Dia mencetak rekor klub sebanyak 35 gol pada tahun 2011 dan menjadi kapten klub untuk musim 2011-12. Sebelum bergabung dengan rival Manchester United pada bulan Juli 2012. Di musim pertamanya, dia memenangkan Liga Premier dan Sepatu Emas Liga Premier kedua berturut-turut.

Setelah dua musim dilanda cedera, Van Persie tidak lagi disukai di Man United dan dia diizinkan berangkat ke Fenerbahçe pada Juli 2015. Selama berada di Turki, Van Persie tampil reguler di musim pertamanya, tetapi melihat keterbatasan waktu bermain di musim tersebut. dua musim berikutnya setelah menderita cedera. Dengan klub dan pemain menyetujui pembelian pada Januari 2018, setelah itu ia bergabung kembali dengan Feyenoord dengan status bebas transfer. Pada akhir musim ia telah membantu tim masa kecilnya memenangkan Piala Belanda, trofi pertamanya sejak Community Shield FA 2013.

Setelah mewakili Belanda di level U-17, U-19, dan U-21, Van Persiie melakukan debut internasional seniornya pada tahun 2005 dalam pertandingan persahabatan melawan Rumania. Sebulan kemudian, dia mencetak gol internasional senior pertamanya dalam kemenangan 4-0 atas Finlandia. Van Persie memiliki lebih dari 100 caps dan mencetak 50 gol untuk Belanda, dan dari 2013 hingga 2015 ia menjadi kapten tim. Dia telah mewakili negaranya di Piala Dunia FIFA 2006, 2010 dan 2014, serta Kejuaraan Eropa UEFA 2008 dan 2012.

You May Also Like