Olivier Giroud “Go Kart”

2 min read

Olivier Giroud yang lahir pada tanggal 30 September 1986 merupakan pemain sepak bola profesional Perancis. Yang bermain sebagai striker untuk klub Serie A AC Milan dan tim nasional Perancis. Dianggap sebagai salah satu striker terbaik di generasinya, dia adalah pencetak gol terbanyak Prancis sepanjang masa.

Olivier Giroud memulai karir klub seniornya dengan bermain untuk klub kota kelahirannya Grenoble. Sebelum ia menandatangani kontrak dengan Tours pada tahun 2008, pada usia 21 tahun. Ia dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Ligue 2 pada tahun 2010 setelah menjadi pencetak gol terbanyak liga. Dia kemudian menjadi subjek transfer sepak bola asosiasi rekor klub ketika dia pindah ke Montpellier dengan nilai transfer €2 juta. Memenangkan gelar Ligue 1 pertama klub dan finis sebagai pencetak gol terbanyak liga pada tahun 2012.

Olivier Giroud "Go Kart"

BACA JUGA :Nacho Fernández “El Capitano”

Dia kemudian bergabung dengan Arsenal, di mana dia memenangkan tiga Piala FA untuk membantu mengakhiri kekeringan trofi Arsenal selama sembilan tahun. Dan merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa klub kedelapan belas. Giroud menandatangani kontrak dengan rival sekota Chelsea pada tahun 2018 dengan nilai transfer £18 juta (€20,7 juta), memenangkan Piala FA, Liga Champions UEFA, dan Liga Eropa UEFA, berakhir sebagai pencetak gol terbanyak di liga terakhir pada tahun 2019. Ia kemudian menandatangani kontrak dengan Chelsea. untuk AC Milan pada tahun 2021, membantu mereka memenangkan Serie A 2021-22, yang mengakhiri kekeringan gelar liga selama 11 tahun klub.

Giroud melakukan debut internasional seniornya untuk Prancis pada tahun 2011 pada usia 25 tahun, dan sejak itu telah mencatatkan lebih dari 120 caps, termasuk tampil di enam turnamen besar. Dia adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa negaranya. Menerima Sepatu Perunggu sebagai pencetak gol terbanyak kedua saat Prancis menjadi runner-up di UEFA Euro 2016. Dia kemudian memenangkan Piala Dunia FIFA 2018, dan tampil di UEFA Euro 2020 serta Piala Eropa. Piala Dunia FIFA 2022, di mana Prancis finis sebagai runner-up dan Giroud kembali menerima Sepatu Perunggu

You May Also Like