Wojciech Tomasz Szczęsny

2 min read

Wojciech Tomasz Szczęsny yang lahir pada tanggal 18 April 1990 adalah pemain sepak bola profesional Polandia yang bermain sebagai penjaga gawang untuk klub Serie A Juventus dan tim nasional Polandia.

Setelah memulai karir klubnya di Legia Warsawa, Wojciech Tomasz Szczęsny menandatangani kontrak dengan Arsenal pada Januari 2006, di mana ia melakukan debut profesionalnya pada tahun 2009. Setelah dipinjamkan ke Brentford pada musim berikutnya, ia kemudian menjadi penjaga gawang pilihan pertama klub ibu kota, memenangkan dua FA. Piala dan menjadi penerima bersama Sarung Tangan Emas Liga Inggris 2013–14 bersama Petr Čech. Dia kemudian dipinjamkan selama dua musim berturut-turut ke klub Italia Roma pada tahun 2015. Di mana penampilannya membuatnya pindah ke juara bertahan liga Juventus pada tahun 2017.

BACA JUGA :Olivier Giroud “Go Kart”

Wojciech Tomasz Szczęsny

Setelah terutama bertugas sebagai cadangan untuk Gianluigi Buffon di musim pertamanya. Di mana dia memenangkan gelar ganda domestik, dia mewarisi posisi starter dari kepergian Buffon pada musim berikutnya. Memenangkan gelar Serie A keduanya; penampilannya juga membuatnya mendapatkan nominasi Piala Yashin pada tahun 2019. Dia memenangkan gelar liga ketiga berturut-turut pada musim berikutnya, juga memenangkan Penghargaan Kiper Terbaik Serie A.

Karir Internasional

Szczęsny bermain untuk tim U-21 Polandia dan menjadi starter di tiga pertandingan kualifikasi Kejuaraan Eropa 2011. Dia juga ditempatkan sebagai cadangan untuk tim senior Polandia oleh manajer Leo Beenhakker untuk tim kualifikasi Piala Dunia melawan Irlandia Utara dan Slovenia pada awal September 2009. Namun, karena tidak satu pun dari tiga penjaga gawang teratas Polandia yang keluar. Dia tidak dipanggil. dan malah memainkan kualifikasi U-21 melawan Spanyol dan Finlandia. Dia memiliki total enam caps untuk skuad U-21.

Di tingkat Senior, Szczęsny telah mencatatkan lebih dari 70 caps untuk Polandia sejak debutnya pada tahun 2009. Dan dimasukkan dalam skuad nasional saat menjadi tuan rumah bersama UEFA Euro 2012, juga kemudian mengambil bagian di Euro 2016, Piala Dunia FIFA 2018, Euro 2020 dan Piala Dunia 2022.

You May Also Like