Marcelo Vieira da Silva Júnior The Brazilian Samba

3 min read

Marcelo Vieira da Silva Júnior dikenal sebagai Marcelo, adalah pemain sepak bola profesional Brasil. Yang bermain sebagai bek kiri untuk klub Campeonato Brasileiro Série A Fluminense. Dikenal karena kemampuan ofensif, tipu daya, dan kualitas teknisnya, Marcelo sering dianggap sebagai salah satu bek kiri terhebat sepanjang masa. Dia menghabiskan sebagian besar karirnya dengan klub Spanyol Real Madrid dan merupakan pemain klub yang paling berprestasi, dengan 25 trofi dimenangkan.

Clima de despedida: Marcelo sai do Real Madrid e descarta possibilidade de  aposentadoria

Memulai karir profesionalnya dengan Fluminense pada tahun 2005. Marcelo memenangkan gelar Campeonato Carioca pada musim debutnya dan masuk dalam Tim Terbaik Brasileirão Musim 2006. Pada bulan Januari 2007, ia bergabung dengan Real Madrid dengan biaya $8 juta. Di Madrid, ia kemudian menjadi andalan dan telah memenangkan lima gelar Liga Champions UEFA dan enam gelar La Liga, di antara penghargaan lainnya. Pada tahun 2021, Marcelo menjadi kapten Real Madrid sejak awal musim 2021-22, menjadikannya kapten asing pertama sejak 1904. Setelah meninggalkan Madrid pada tahun 2022, ia sempat bermain selama lima bulan di Olympiacos. Diikuti dengan kembali ke Fluminense pada tahun 2023, di mana ia berhasil memenangkan Copa Libertadores. Ia masuk dalam FIFPro World XI sebanyak enam kali, Tim Terbaik UEFA sebanyak tiga kali, dan Tim Terbaik Musim La Liga pada tahun 2016. Ia juga masuk dalam “Tim Dekade Ini (2010-2019)” France Football.

Copa América 2019: sin Marcelo, la Selección de Brasil anunció su lista  oficial de convocados para el torneo | RPP Noticias

BACA JUGA : Marco Asensio Willemsen The “Lucky”

Setelah memulai debutnya untuk Brasil pada tahun 2006, Marcelo dipanggil ke skuad Olimpiade 2008, di mana ia memenangkan medali perunggu. Empat tahun kemudian, ia menjadi bagian dari tim Olimpiade. Brasil 2012 sebagai salah satu dari tiga pemain di atas usia yang memenangkan medali perak. Marcelo berhasil terpilih untuk bermain di Piala Konfederasi FIFA 2013 dan memulai semua lima pertandingan, saat Brasil berhasil menang 3-0 melawan Spanyol di final. Dia adalah bagian dari skuad Brasil di dua Piala Dunia FIFA (2014 dan 2018). Dia masuk dalam Tim Impian kedua turnamen tersebut.

Real Madrid Footballer Marcelo Talks Off-Pitch Style, Sustainability &  Avoiding the Public Eye | Real madrid, Real madrid players, Football

Kehidupan pribadi

Pada tahun 2008, Marcelo menikahi pacar lamanya Clarice Alves dan pada 24 September 2009, mereka dikaruniai anak pertama, seorang putra bernama Enzo Alves Vieira. Putra kedua mereka, Liam lahir pada tanggal 1 September 2015.

Dia memiliki sejumlah tato, termasuk nomor bajunya dan hari lahir (12) yang ditato di lengan kirinya.

Dia memilih kakeknya, Pedro Vieira, sebagai pendukung utama dan inspirasi karir sepak bolanya. Kakeknya mendukungnya secara finansial sehingga dia dapat memulai karirnya di Brasil. Kakeknya meninggal pada Juli 2014, saat Piala Dunia; Marcelo ingin mengundurkan diri dari turnamen untuk menghadiri pemakamannya namun tetap bermain dengan tim Brasil untuk menghormati keinginan kakeknya.

Pada tanggal 26 Juli 2011, Marcelo memperoleh kewarganegaraan Spanyol. Yang memungkinkan dia untuk didaftarkan secara normal dan bukan sebagai pemain non-UE, dengan kuota ketat yang diperbolehkan.

 

 

 

You May Also Like