Ilkay Gundogan The “Gun”

3 min read

Ilkay Gundogan adalah pemain sepak bola profesional Jerman. Yang bermain sebagai gelandang untuk klub La Liga Barcelona dan menjadi kapten tim nasional Jerman. Dia dikenal luas sebagai salah satu gelandang terbaik di dunia karena keterampilan memimpin dan playmaking-nya.

Ilkay Gundogan bergabung dengan 1. FC Nürnberg pada tahun 2009 sebelum menandatangani kontrak dengan Borussia Dortmund pada tahun 2011. Memenangkan gelar ganda liga dan piala di musim pertamanya bersama klub terakhir. Pada tahun 2013, ia membantu Dortmund mencapai final Liga Champions UEFA pertama mereka sejak tahun 1997. Setelah memainkan 157 pertandingan untuk klub tersebut, Gündoğan menandatangani kontrak dengan Manchester City pada tahun 2016. Di mana ia memenangkan lima gelar Liga Premier, empat Piala EFL, dua FA. Piala, dan Liga Champions UEFA pada tahun 2023 sebagai bagian dari treble kontinental selama musim terakhirnya di Inggris, di mana ia menjabat sebagai kapten klub. Gündoğan kemudian bergabung dengan Barcelona pada Juni 2023.

Ilkay Gundogan agrees to join Barcelona on a free transfer - The San Diego  Union-Tribune

Gündoğan melakukan debut seniornya untuk Jerman pada tahun 2011, setelah sebelumnya bermain di tim U-18, U-19, U-20, dan U-21. Dia terpilih dalam skuad Jerman untuk Kejuaraan Eropa UEFA pada tahun 2012 dan 2020, dan Piala Dunia FIFA pada tahun 2018 dan 2022.

Ilkay Gundogan Cerita Anak Plus Fakta Biografi Tak Terungkap

Masa muda

Gündoğan lahir pada 24 Oktober 1990 di Gelsenkirchen, Rhine-Westphalia Utara dari orang tua Turki. Kakek dari pihak ayahnya adalah seorang pekerja tamu yang pindah dari Balıkesir, Turki, ke wilayah Ruhr di Jerman untuk bekerja sebagai penambang. Sementara itu, istrinya tinggal di Turki bersama anak-anaknya di mana mereka dibesarkan dan bersekolah.

Video: Gundogan admits Champions League Final 'was 50-50' on the night -  Football Italia

Gaya permainan

Dikenal karena visi, sifat atletis, dan kepemimpinannya, manajer Gündoğan, Pep Guardiola. Menggambarkannya sebagai “salah satu pemain terbaik yang pernah bekerja dengannya”.

Jürgen Klopp, mantan pelatih Gündoğan di Borussia Dortmund, menggambarkan Gündoğan sebagai “gelandang yang cerdas dan lengkap dengan banyak kekuatan”. Meskipun Gündoğan mengalami awal yang sulit di Dortmund, di mana dia mengakui “segala sesuatunya tidak berjalan sebaik yang saya kira”, “keinginannya untuk belajar” dan “sikapnya yang baik”, menurut Klopp. Memungkinkan dia untuk memainkan peran penting dalam karir selanjutnya di klub sebagai deep-lying playmaker.

Dia mampu menyesuaikan diri dengan gaya “eksplosif” Dortmund “dengan menggabungkan kreativitas dan passing luar biasa dengan atribut pertahanan dan energi tak kenal lelah yang dibutuhkan”. Pada tahun-tahun awalnya, Gündoğan sering ditempatkan sebagai gelandang sayap, namun kemudian menempatkan dirinya dalam peran yang lebih sentral di Dortmund. Mengenai peralihan posisi ini, dia berkomentar: “Saya sampai pada kesimpulan bahwa bermain melebar bukanlah kekuatan saya. Saya merasa baik-baik saja bermain sebagai gelandang bertahan atau tengah, tapi saya juga yakin bahwa saya bisa bertahan sebagai playmaker.” Dalam profil UEFA tahun 2016, Philip Röber juga mencatat bahwa Gündoğan “unggul dalam tim berbasis penguasaan bola dan dapat mendikte tempo tim.”

BACA JUGA : Marcelo Vieira da Silva Júnior The Brazilian Samba

 

 

 

 

You May Also Like