Masour Ousmane Dembélé ‘Manusia Kaca’

2 min read

Masour Ousmane Dembélé adalah pemain sepak bola profesional Perancis yang bermain sebagai pemain sayap untuk klub Ligue 1 Paris Saint-Germain dan tim nasional Perancis.

Dembele memulai karirnya di Rennes sebelum bergabung dengan Borussia Dortmund pada tahun 2016. Ia memenangkan DFB-Pokal bersama Dortmund pada musim 2016-17, mencetak gol di final. Setahun kemudian, ia pindah ke Barcelona dengan biaya awal sebesar €105 juta, dan pada saat itu menjadi pesepakbola termahal kedua yang pernah ada, bersama rekan senegaranya Paul Pogba. Dembele kemudian memenangkan tiga gelar La Liga, dua Copa del Rey, dan dua gelar Supercopa de España bersama klub. Ia kembali ke Prancis bersama Paris Saint-Germain pada tahun 2023.

Setelah mencatatkan 20 caps dan mencetak lima gol di level pemuda. Dembele melakukan debut internasional seniornya untuk Prancis pada tahun 2016. Dia adalah anggota skuad Prancis yang memenangkan Piala Dunia FIFA 2018, juga tampil di UEFA Euro 2020 dan Dunia FIFA 2022 Cangkir.

FIFA World Cup 2018: France's Ousmane Dembele donates World Cup earnings to  build mosque in mother's hometown

Awal kehidupan dan karir

Dembele lahir pada 15 Mei 1997 di Vernon, Eure, di Normandia. Ibunya adalah orang Mauritania-Senegal dari Waly Diantang, sedangkan ayahnya adalah orang Mali. Dia mengambil langkah sepak bola pertamanya di dekat Évreux, pertama di ALM Évreux dan kemudian di Évreux FC 27 antara usia 12 dan 13 tahun.

Borussia Dortmund's Ousmane Dembele celebrates with the trophy after  victory - BlameFootball

Borussia Dortmund

Pada 12 Mei 2016, Dembele menandatangani kontrak berdurasi lima tahun dengan klub Jerman Borussia Dortmund, efektif 1 Juli. Pada tanggal 14 Agustus, ia melakukan debutnya dengan kekalahan 2-0 melawan Bayern Munich di DFL-Supercup. Dia mencetak gol pertamanya untuk Dortmund pada tanggal 20 September. Dalam pertemuan Bundesliga melawan VfL Wolfsburg, yang dimenangkan Dortmund 5-1 di Volkswagen Arena. Pada tanggal 22 November, ia mencetak gol Liga Champions pertama dalam karirnya saat klub Jerman itu mengalahkan Legia Warsawa 8–4 dalam pertemuan penyisihan grup.

Barcelona young duo have built a special relation with Dembele, have  improved his Spanish | Barca Universal

Barcelona

Pada tanggal 25 Agustus 2017, klub La Liga Barcelona mengumumkan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan untuk menandatangani Dembele seharga €105 juta ditambah tambahan €40 juta yang dilaporkan. Pada tanggal 28 Agustus, ia menjalani pemeriksaan medis dan menandatangani kontrak berdurasi lima tahun. Dengan klausul pembeliannya ditetapkan sebesar €400 juta. Barcelona baru saja menjual Neymar ke Paris Saint-Germain (PSG) seharga €222 juta, sehingga kesepakatan tersebut membuat Dembele menjadi pemain termahal kedua (dalam euro), bersama dengan Paul Pogba. Rennes dilaporkan menerima €20 juta dari Borussia Dortmund sebagai hasil penjualan tersebut. Dan Évreux 27 juga menjadi bagian dari biaya tersebut. Dia diberikan nomor punggung 11 yang sebelumnya dipakai oleh Neymar.

Ousmane Dembélé thrilled to be back for 'the games that matter most'

Kehidupan pribadi

Dembele adalah seorang Muslim yang taat.[68] Ia menikahi seorang wanita Maroko dalam upacara tradisional Maroko di Prancis pada bulan Desember 2021. Mereka memiliki seorang putri, lahir September 2022.

BACA JUGA : Ilkay Gundogan The “Gun”

 

 

 

You May Also Like