Romelu Lukaku, The Tracktor

2 min read

Romelu Lukaku Bolingoli atau yang biasa kita kenal sebagai Romelu Lukaku ini adalah seorang pemain sepakbola profesional berkewarganegaraan Belgia. Ia memiliki postur yang cukup ideal dan berposisi sebagai striker yang saat ini bermain untuk klub sepakbola AS Roma, Serie A.

BACA : Bambang Pamungkas, Legend Sepakbola Indonesia

Awal karir Lukaku bergabung dengan klub lokal K Rupel Boom FC saat ia berusia lima tahun. Ia menghabiskan 4 tahun bersama Rupel Boom. Bakat bermain bola Lukaku ditemukan oleh pemandu bakat klub Lierse SK, dan kemudian ia diajak bergabung kedalam akademi tersebut. Lukaku bermain selama dua musim dan berhasil menorehkan 68 kali penampilan dan menciptakan 121 gol. Namun sayangnya Lierse harus di degragasi dari Liga Jupiler. Anderlecht menyelamatkan 13 pemain muda Lierse termasuk Lukaku di tahun 2006.

Karir Profesional

Ditahun 2009 Lukaku memulai karir profesionalnya bersama Anderlecht dengan kontrak tiga tahun hingga tahun 2012. Lukaku melawati musim yang sangat bagus bersama Anderlecht , hiingga akhirnya ia di lirik Chelsea dan mendapatkan kontrak nya untuk bergabung dengan nilai sekitar £20 juta yang berdurasi lima tahun.

Romelu Lukaku, The Tracktor

Namun di Chelsea ia tidak bisa menampilkan kemampuan terbaiknya sesuai ekspektasi management. Ditahun 2012 ia dipinjamkan ke West Bromwich Albion dengan durasi hingga akhir musim. Dan ditahun 2013 Lukaku dipinjamkan Chelsea ke Everton untuk menambah jam terbangnya selama satu musim. Musim yang luar biasa untuk Lukaku bersama Everton dan ia berhasil memikat Manchester United. Dan Man United berhasil mendapatkan tanda tangan Lukaku di musim berikutnya yaitu ditahun 2017 dengan nilai transfer £75 juta. Selama dua musim bermain untuk Manchester United, Lukaku mencatatkan 42 gol dari 96 kali penampilan.

Pada tahun 2019 Lukaku kembali pindah ke Inter Milan, Serie A. Ia dikontrak berdurasi lima tahun dan nilai transfers €80 juta, yang merupakan rekor transfer terbesar klub itu. Namun baru berseragam Inter Milan satu musim, Chelsea kembali berminat mendatangkannya kembali, ditahun 2021 Chelsea kembali mendapatkan jasanya. Namun ketika di Chelsea ia tetap tampil tidak memuaskan. Tercatat bermain selama satu musim hanya mencatatkan 8 gol dari 26 kali penampilannya.

Dan pada musim 2022-2023, Romelu Lukaku kembali bersaragam Inter Milan. Dalam semusim Lukaku hanya menciptakan 10 gol dalam 25 kali penampilan. Dimusim ini Lukaku di pinjam kan ke As Roma, dan ia tampil mengesankan di bawah kepelatihan Jose Morinho.

You May Also Like