Phil Foden The ‘Stockport Iniesta’

2 min read

Phil Foden (lahir 28 Mei 2000) adalah seorang pemain Sepak Bola. Profesional asal Inggris, bermain sebagai gelandang di klub Liga Utama Inggris, Manchester City dan tim nasional Inggris. Terkenal karena bermain, serta kreativitas dalam bermain yang menjadikannya sebagai salah satu pesepakbola muda potensial di dunia.

Phil Foden mulai dikenal pada tahun 2017 ketika berhasil memenangkan. Penghargaan Bola Emas atau pemain terbaik di Piala Dunia U-17 FIFA. Setelah hasil sukses yang dicapai Inggris pada ajang tersebut. Ia melakukan debut untuk Manchester City pada tahun yang sama dan pada bulan Desember ia pun berhasil dianugerahi BBC Young Sports Personality of the Year.

Sejak saat itu Foden telah membuat lebih dari 100 penampilan untuk klub. Berhasil memenangkan delapan gelar termasuk menjadi penerima medali pemenang Liga Utama Inggris termuda sepanjang sejarah. Pada tahun 2019. Ia berhasil memenangkan gelar Liga Utama Inggris keduanya dan menjadi pencetak gol termuda klub di Liga Champions UEFA. dan merupakan pemain Inggris termuda yang tampil sebagai pemain utama dan mencetak gol di pertandingan babak gugur Liga Champions UEFA. Pada tahun 2021, ia juga dinobatkan sebagai Pemain Muda Terbaik Liga Utama Inggris dan Pemain Muda Terbaik Tahunan versi PFA.

BACA JUGA : N’golo Kante Gelandang Pekerja Keras

Foden telah mewakili Inggris di berbagai level usia remaja. Ia berhasil mencetak 19 gol dalam 51 laga untuk tim nasional junior Inggris. Foden pertama kali dipanggil ke tim senior pada 25 Agustus 2020 dan melakukan debutnya melawan Islandia pada 5 September 2020, dalam kemenangan 1–0 di ajang Liga Negara UEFA.

Karier tim nasional

Pada Mei 2017, Foden berhasil mencetak gol di final Kejuaraan Eropa U-17 UEFA 2017 saat tim U-17.  Inggris mengalami kekalahan lewat adu penalti atas Spanyol.

Pada bulan Oktober di tahun yang sama. Phil Foden mendapatkan perhatian dari pers setelah mencetak 2 gol di final Piala Dunia U-17 FIFA 2017. juga melawan Spanyol, akhirnya Inggris berhasil memenangkan turnamen tersebut. Foden juga dianugrahi sebagai pemain terbaik turnamen.

Ia juga berhasil memenangkan penghargaan Bola Emas Piala Dunia U-17 FIFA pada tahun 2017. Foden juga mendapatkan perhatian pers yang luas dan liputan media yang signifikan.

Pada 27 Mei 2019, Foden masuk dalam skuad 23 pemain Inggris untuk bermain pada Kejuaraan Eropa U-21 UEFA 2019. Dan mencetak gol yang mengesankan dan itu menjadi gol pertamanya untuk timnas U-21 meskipun kalah 2–1 dari Prancis di Cesena.

 

You May Also Like