Philippe Coutinho Correia The Little “Magician”

2 min read

Philippe Coutinho Correia atau biasa disapa Coutinho merupakan pemain sepak bola asal Brasil. Lahir pada 12 Juni 1992 , saat ini ia bermain sebagai gelandang serang atau gelandang sayap untuk klub Al-Duhail dengan status pinjaman dari Aston Villa, dan tim nasional Brasil.

Gaya permainan dan juga kemampuannya bermain sangat menarik dibandingkan dengan pemain legenda Brasil Ronaldinho yang juga pernah menjadi pemain Barcelona dan pemain asal Argentina Lionel Messi.

Berkat performa gemilangnya bersama Liverpool, Philippe Coutinho Correia berhasil mendapat berbagai penghargaan pada musim 2014/2015. Coutinho menyabet empat gelar: Player of the Year, Players’ Player of the Year, Goal of the Year (Philippe Coutinho v Southampton 22 Februari 2015), dan Performance of the Year (Philippe Coutinho v Manchester City 1 Maret 2015).

Karier klub

Vasco Da Gama

Coutinho memulai karier sepak bolanya sebagai bagian dari tim skuad muda Vasco da Gama lalu dibeli oleh raksasa Italia Serie A, yaitu Inter Milan di tahun 2008. Pada usianya yang baru menginjak 16 tahun, senilai € 4.000.000. Coutinho tinggal di daerah Vasco dan ia dipinjamankan sampai ulang tahunnya ke-18. Menjadi satu- satunya pemain tim pertama untuk klub Brasil meskipun usianya masih sangat muda.

Inter Milan

Kepindahan Coutinho ke Inter Milan berlaku efektif pada bulan Juli 2010. Setelah ia berusia 18, dengan pelatih baru Rafael Benítez dan ketua Massimo Moratti mengatakan bahwa “Coutinho adalah bintang masa depan Inter”.

Coutinho claims November Player of the Month award - Liverpool FC

Liverpool

Pada 26 Januari 2013 Liverpool dilaporkan tekah menyetujui biaya £ 8.5m dengan Internazionale untuk mendatangkan Coutinho. Southampton juga menyatakan sangat minat untuk merekrut Coutinho, tetapi dia lebih suka pada Liverpool. Meski telah bekerja sama dengan manajer Southampton yang baru, Mauricio Pochettino pada tahun 2012 dengan Espanyol.

total Barça on X: "Philippe Coutinho has been in Barcelona since January.  He has won 3 trophies. https://t.co/DfNqNF90iz" / X

Barcelona

Pada 6 Januari 2018, Liverpool mengonfirmasi bahwa mereka telah berhasil mencapai kesepakatan dengan klub La Liga Barcelona untuk transfer Coutinho.

Philippe Coutinho as much in the dark about his future as everyone else -  Eurosport

Dipinjamkan ke Bayern München

Pada 19 Agustus 2019, Coutinho bergabung dengan status pemain pinjaman untukl Bayern München selama satu musim. Dilaporkan juga bahwa Bayern memiliki opsi untuk transfer secara permanen untuk minatnya terhadap Coutinho pada jendela transfer musim panas 2020 dengan nilai €120 juta.

Gaya bermain

Dianggap sebagai prototipikal Brasil nomor 10 dengan trik tipu daya, bakat, visi fantastis dan naluri gol yang sangat tajam. Coutinho mampu ditempatkan sebagai gelandang ofensif (trequartista), second striker, dan di sayap. Dia memiliki visi dan kemampuan yang bisa membuka pertahanan dengan irama saat menggiring bola dan melakukannya secara konsisten.

BACA JUGA : Masour Ousmane Dembélé ‘Manusia Kaca’

 

 

 

 

 

You May Also Like