Gerard Piqué Bernabeu The ‘Piquenbauer’

2 min read

Gerard Piqué Bernabeu (lahir 2 Februari 1987) adalah mantan pemain sepak bola profesional Spanyol yang bermain sebagai bek tengah. Ia dianggap sebagai salah satu bek tengah terhebat di generasinya.

Awalnya seorang atlet pelajar berbakat di akademi La Masia Barcelona, ​​​​Gerard Piqué Bernabeu memulai karir profesionalnya bersama Manchester United pada tahun 2004. Ia kembali ke Barcelona pada tahun 2008 dan membantu klub tersebut memenangkan treble pada tahun 2008–09 dan 2014–15. Dia tampil dalam 616 pertandingan kompetitif untuk klub dan memenangkan 31 gelar klub besar, termasuk sembilan trofi La Liga dan tiga gelar Liga Champions UEFA. Dia adalah satu dari hanya empat pemain yang memenangkan Liga Champions dua tahun berturut-turut dengan tim yang berbeda, yang lainnya adalah Marcel Desailly, Paulo Sousa dan Samuel Eto’o.

Piqué juga mewakili Spanyol 102 kali, melakukan debutnya pada 11 Februari 2009. Ia memainkan peran sebagai integral dalam tim Spanyol yang berhasil memenangkan Piala Dunia FIFA 2010 dan UEFA Euro 2012. Ia pensiun dari tim nasional setelah Piala Dunia FIFA 2018.

Gerard Pique retires from international football

Karier klub

Karir awal

Lahir di Barcelona, ​​Catalonia, Gerard Piqué Bernabeu memulai karirnya bermain untuk tim muda FC Barcelona sebagai gelandang bertahan, namun sebelum ia menandatangani kontrak profesional pertamanya dengan klub, ia memutuskan untuk bergabung dengan Manchester United. Klub Liga Premier tidak membayar biaya untuk Piqué karena ia masih terlalu muda untuk memiliki kontrak profesional.

Manchester United Vs Barcelona, Gerard Pique Pulang Kampung - Bolasport.com

Manchester United

Piqué melakukan debut untuk Manchester United pada bulan Oktober 2004. Sebagai bek tengah, pengganti John O’Shea pada menit ke-67 dalam kemenangan Piala Liga 3-0 di Crewe Alexandra. Dia melakukan debut penuhnya pada Januari 2005 dengan hasil imbang 0-0 di Piala FA Kota Exeter. Piqué melakukan debutnya di Liga Premier pada tanggal 15 Oktober 2005, sekali lagi sebagai pengganti O’Shea. Dalam kemenangan 3-1 atas Sunderland. Liga pertamanya dimulai pada tanggal 29 Maret 2006 melawan West Ham United di Old Trafford, bermain sebagai bek kanan, karena Gary Neville tidak dapat bermain karena cedera.

Vídeo del Barça a Piqué: “Ha sido un viaje increíble”

Kembali ke Barcelona

Pada tanggal 27 Mei 2008, Piqué menandatangani kontrak empat tahun dengan Barcelona, ​​dengan klausul pembelian €5 juta. Barcelona membayar biaya £ 5 juta untuk pemain tersebut. Dia mengungkapkan kegembiraannya bisa kembali menandatangani kontrak dengan klub masa kecilnya, meskipun dia mengakui bahwa dia menikmati masa jabatannya di Manchester United:

Saya sangat senang bisa kembali, saya tidak berpikir saya akan berada di sini lagi tetapi ini sangat baik bagi saya. Manchester United merupakan klub yang hebat dan saya sangat menikmati kemenangan atas banyak hal. Bermain dengan pemain kelas dunia telah membantu saya dan sekarang saya ingin melanjutkannya di Barca.

BACA JUGA : Philippe Coutinho Correia The Little “Magician”

 

You May Also Like