Paul Pogba “Polpo” Si Kaki Gurita

2 min read

Paul Pogba lahir pada 15 Maret 1993. Merupakan pemain sepak bola profesional asal Prancis dan Seria A, Juventus dan tim nasional Prancis. Ia berposisi sebagai gelandang tengah dan nyaman dalam bermain baik menyerang dan bertahan.

Le plus gros salaire de l'histoire de l'Angleterre: Un contrat XXL proposé  à Paul Pogba – Media Pro Télévision

BACA JUGA : Sadio Mané is the King of Africa

Pogba digambarkan oleh timnya Juventus sebagai salah satu pemain yang “kuat, terampil, dan juga kreatif”. Setelah ia bermain untuk Manchester United akhirnya Paul Pogba pun memutuskan untuk kembali. Di Juventus F.C. ia mendapatkan julukan sebagai Polpo Paul (merujuk kepada “Paul si Gurita”) karena kakinya yang panjang dan terlihat seperti tentakel saat melakukan tackle ataupun saat berlari. Selama berkarier di Italia. Pogba menjadi salah satu pemain muda paling menjanjikan di dunia, dan menerima penghargaan Golden Boy pada 2013 dan juga Penghargaan Bravo pada 2014. Pada 2016, Pogba masuk ke dalam UEFA Team of the Year 2015, serta FIFA FIFPro World XI 2015. Setelah berhasil membantu Juventus mencapai Final Liga Champions UEFA 2015 untuk pertama kalinya setelah 12 tahun sebelumnya.

Setelah penampilannya yang sangat baik bersama Juventus. Dia kembali ke Manchester United pada 2016 dengan rekor biaya transfer tertinggi pada saat itu, yakni senilai €105 juta (£89,3 juta). Biaya tersebut masih menjadi biaya tertinggi yang dibayar oleh suatu klub dari Inggris. Pada musim pertamanya setelah Pogba kembali, dia berhasil memenangkan Piala Liga dan Liga Europa.

Pogba telah mewakili negaranya pada semua tingkatan umur tim nasional. Bersama tim nasional U-16. Dia menjadi kapten bagi negaranya dalam kemenangan di Piala Aegea dan Tournoi du Val-de-Marne. Dan pada level tim nasional U-17 ia bermain pada Kejuaraan Sepak Bola U-17 Eropa UEFA 2010.  Pogba memulai debut pertamanya untuk tim nasional senior Prancis pada 22 Maret 2013 dalam kemenangan 3–1 melawan Georgia. kemudian tampil dengan baik di Piala Dunia FIFA 2014 dan berhasul memenangkan Penghargaan Pemain Muda Terbaik. Dia juga mewakili negaranya pada Piala Eropa 2016 yang bertindak sebagai tuan rumah penyelenggara dan menjadi juara kedua, sebelum memenangkan Piala Dunia FIFA 2018 setelah mencetak gol dalam pertandingan final.

Latar belakang

Pogba lahir di Lagny-sur-Marne, Seine-et-Marne, dan kedua orang tua yang berasal dari Guinea. Dia adalah seorang Muslim. Pogba memiliki dua kakak kembar—Florentin dan Mathias—yang lahir di Guinea dan juga bermain untuk tim nasional Guinea. Florentin saat ini bermain untuk klub Turki Gençlerbirliği dan Mathias bermain untuk Tours. Saat tumbuh besar, Pogba merupakan penggemar Arsenal.

 

You May Also Like