Theo Walcott Jelmaan Thierry Henry

2 min read

Theo James Walcott atau yang lebih dikenal sebagai Theo Walcott. (lahir 16 Maret 1989) adalah mantan pemain sepak bola profesional Inggris yang bermain sebagai penyerang. Dia mewakili Inggris di Piala Dunia 2006 dan Euro 2012 dan memiliki 47 caps, mencetak delapan gol.

Walcott adalah produk dari Akademi Southampton dan memulai karirnya dengan Southampton sebelum bergabung dengan Arsenal dengan harga £5 juta pada tahun 2006.

Kecepatannya yang cepat dan umpan silangnya membuat manajernya Arsene Wenger menempatkannya di sayap hampir sepanjang karirnya. Walcott telah dimainkan sebagai striker sejak musim 2012-13 ketika dia menjadi pencetak gol terbanyak Arsenal. Dan dia telah mencetak lebih dari 100 gol untuk klub.

BACA JUGA : Endrick The Next Adriano

Di tanggal 30 Mei 2006, Walcott menjadi pemain sepak bola senior termuda di Inggris, berusia 17 tahun 75 hari. Dan pada bulan Desember, ia menerima penghargaan BBC Young Sports Personality of the Year.

Pada tanggal 6 September 2008, ia membuat start kompetitif pertamanya di kualifikasi Piala Dunia melawan Andorra, dan pada pertandingan berikutnya melawan Kroasia pada tanggal 10 September ia membuka penghitungan gol internasional seniornya dan menjadi pemain termuda dalam sejarah yang mencetak hat-trick untuk Inggris.

Theo Walcott Jelmaan Thierry Henry

Karir seorang Theo Walcott melonjak ketika ia berseragam Arsenal, penampilan gemilang dan menjanjikan membuat ia menjadi salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki Arsenal dan Timnas Inggris. Namun di awal pertengahan Januari 2018 ia memutuskan hengkang dari Arsenal dan berpindah ke Everton. Dikarenakan performa yang menurun dan persaingan dengan pemain muda lainnya.

Pada 5 Oktober 2020, Walcott bergabung kembali dengan Southampton dengan status pinjaman. Pada tanggal 17 Oktober, ia bermain untuk Southampton lagi untuk pertama kalinya sejak tahun 2006 dan memberikan assist untuk gol penyeimbang Jannik Vestergaard pada menit ke-92 dalam hasil imbang 3-3 melawan Chelsea di Liga Premier. Walcott mencetak gol pertamanya sejak bergabung kembali dengan klub dalam hasil imbang 1-1 melawan Wolves pada tanggal 23 November. Dia mencetak gol lagi saat bermain imbang 1-1 melawan mantan timnya Arsenal di liga pada 16 Desember.

 

 

 

 

You May Also Like