Martin Ødegaard The Fantastic Kaptain

2 min read

Martin Ødegaard adalah pesepakbola profesional Norwegia yang bermain sebagai gelandang dan kapten klub Liga Premier Arsenal dan tim nasional Norwegia. Dianggap sebagai salah satu gelandang terbaik di dunia, ia dikenal karena tekniknya, kemampuan menggiring bola, visi dan jangkauan umpannya.

Ødegaard memulai karir klub seniornya pada usia 15 tahun pada tahun 2014. Bermain untuk Strømsgodset ia berhasil mencetak rekor Tippeligaen untuk pencetak gol termudanya, dan pada tahun 2015, menandatangani kontrak dengan Real Madrid dengan nilai transfer awal €4 juta (Kr. 35 juta), di mana ia memecahkan rekor klub untuk pemain termudanya.

Meet Martin Odegaard, the future of Real Madrid |

Setelah menjalani waktu bermain sporadis, Ødegaard bergabung dengan klub Eredivisie Heerenveen dan Vitesse, dan klub La Liga Real Sociedad. Dengan status pinjaman berturut-turut antara 2017 dan 2019 Ødegaard memenangkan Copa del Rey bersama Real Sociedad pada tahun 2019. Setelah dipinjamkan lagi, ia menandatangani kontrak dengan Arsenal pada tahun 2021 dengan nilai transfer awal £30 juta (€35 juta). Setelah musim penuh pertama yang sukses bersama Arsenal, ia diumumkan sebagai kapten klub pada tahun 2022.

Ødegaard melakukan debut internasional seniornya untuk Norwegia pada tahun 2014, pada usia 15 tahun, dan telah mencetak rekor sebagai pemain senior Norwegia termuda, dan pemain termuda yang bermain di pertandingan kualifikasi Kejuaraan Eropa UEFA. Dia mengambil alih jabatan kapten penuh Norwegia pada Maret 2021.

Arsenal captain Martin Odegaard lifts the trophy with team-mates after the  Emirates Cup final at the Emirates Stadium, London. Picture date: Saturday  July 30, 2022 Stock Photo - Alamy

Masa muda

Martin Ødegaard[8] lahir pada tanggal 17 Desember 1998, di Drammen. Dia menghabiskan tahun pertamanya di klub olahraga lokal Drammen Strong. Ayahnya, Hans Erik Ødegaard, mantan pesepakbola, ikut mendirikan bagian sepak bola di klub, dan menjadi pelatih tim putranya. Pada tahun 2005, ketika Ødegaard berusia enam tahun, orang tuanya dan orang lain masing-masing menginvestasikan 50.000 kroner agar klub lokal dapat merenovasi lapangan kerikil mereka, Kjappen, dengan rumput sintetis. Hal ini dianggap penting bagi perkembangannya, karena Ødegaard menghabiskan waktu berjam-jam di lapangan.

Drammen Strong dua kali dipilih oleh Ødegaard untuk menerima hadiah sebesar 50.000 kroner (€5.800), ketika pemain muda tersebut diberi penghargaan bakat Statoil untuk April 2014 dan untuk musim 2014. Kemudian, pada tahun 2015, Drammen Strong menerima 250.000 kroner, setara dengan sekitar €29.000. Sebagai hadiah dari Strømsgodset Toppfotball ketika Ødegaard dijual ke Real Madrid.

BACA JUGA : Mason Tony Mount ‘Most Eligible Bachelors’

You May Also Like