Bukayo Ayoyinka Temidayo Saka “Dinamit”

2 min read

Bukayo Ayoyinka Temidayo Saka (lahir 5 September 2001) merupakan pemain sepak bola profesional Inggris. Bermain sebagai pemain sayap kanan untuk klub Liga Premier Arsenal dan tim nasional Inggris. Ia dianggap sebagai salah satu pemain sayap muda terbaik di dunia.

Bukayo Saka wins Young Player of the Year + See Davido's Performance at the  PFA Awards | BellaNaija

Saka telah menghabiskan seluruh karir klub tim utamanya bersama Arsenal, di mana ia telah memenangkan satu Piala FA dan dua Community Shields FA, secara bertahap menjadi salah satu pemain paling berpengaruh di Arsenal. Setelah musim 2020–21 dan 2021–22, ia dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Arsenal Musim Ini.

Saka mewakili Inggris di berbagai level pemuda sebelum memulai debutnya untuk tim senior pada Oktober 2020. Ia adalah bagian dari skuad inti timnas Inggris untuk UEFA Euro 2020, yang berakhir dengan Inggris sebagai runner-up, dan Piala Dunia FIFA 2022.

Bukayo Saka: London Football Awards Young Player of the Year dreaming of  trophies with Arsenal | Evening Standard

Masa muda

Bukayo Ayoyinka Temidayo Saka lahir pada tanggal 5 September 2001 di Ealing, London Raya. Orang tua Yoruba Nigeria, Adenike dan Yomi Saka, dan merupakan anak bungsu dari dua bersaudara. Orang tuanya bermigrasi dari Nigeria ke London sebagai migran ekonomi.

Dia bersekolah di Sekolah Dasar Edward Betham Church of England sebelum Greenford High School, di mana dia memperoleh nilai tinggi dalam GCSE-nya, mencapai empat A* dan tiga A. Sebelum bermain dengan Arsenal, Saka tergabung dengan sepak bola remaja untuk klub lokal Greenford Celtic. Dalam sebuah wawancara, Saka menyatakan pentingnya peran ayahnya, Yomi, dalam karier sepak bolanya: “Dia adalah inspirasi besar bagi saya. Sejak saya masih muda, dia selalu membuat saya tetap membumi, membuat saya rendah hati.”

Namanya “Bukayo” berasal dari bahasa daerah yang digunakan di Nigeria selatan, yang berarti “menambah kebahagiaan”.

Kehidupan pribadi

Pesepakbola favorit Saka adalah Thierry Henry dan dia menyebut Alexis Sánchez sebagai pengaruhnya, mengatakan bahwa dia bahkan mencoba meniru sepatu Sánchez ketika dia masih menjadi pemain akademi. Di antara rekan setimnya di masa lalu, Saka mengatakan David Luiz paling banyak membantunya dalam kariernya, dengan mengatakan “dia melakukan yang terbaik” untuk membantu banyak pemain muda Arsenal “di dalam dan di luar lapangan”.

Saka adalah seorang penganut Kristen dan mengatakan bahwa dia membaca Alkitab setiap malam.

BACA JUGA : Martin Ødegaard The Fantastic Kaptain

You May Also Like