Richarlison de Andrade “Pombo”

2 min read

Richarlison de Andrade pemain asal Brazil yang berjaya di tanah Inggris dan mendapatkan julukan “Pombo” atau sang merpati. Richarlison menjadi salah satu pemain penting untuk tim nya Tottenham Hotspur dengan bermain sebagai sayap dan juga timnas Brazil.

Dia memulai karir profesionalnya dengan América Mineiro pada tahun 2015. Memenangkan promosi dari Campeonato Brasileiro Série B di satu-satunya musimnya sebelum berpindah ke Fluminense. Dia mencatatkan total 67 pertandingan dan 19 gol dalam dua tahun di sana dan dinobatkan dalam Tim Terbaik Musim Ini ketika klub finis sebagai runner-up di Campeonato Carioca 2017. Setelah periode ini dia kemudian menandatangani kontrak dengan Watford, dan setahun kemudian Everton. Dia kemudian resmi menandatangani kontrak dengan Tottenham Hotspur pada tahun 2022.

FOX Soccer on X: "No surprise here 👏👏 Richarlison is named Player of the  Match after an unforgettable FIFA World Cup debut 🇧🇷  https://t.co/YdefUCLrTj" / X

Di level internasional, Richarlison berhasil melakukan debut seniornya untuk Brasil pada tahun 2018. Ia merupakan anggota tim yang menjuarai Copa América 2019, menjadi runner-up Copa América 2021 dan meraih medali emas di turnamen Olimpiade 2020, juga bermain. di Piala Dunia FIFA 2022.

Karier klub

Richarlison hat-trick helps Tottenham win Tiger Cup trophy - Futbol on  FanNation

Tottenham Hotspur

Pada 1 Juli 2022, Tottenham Hotspur mengumumkan penandatanganan Richarlison dengan kontrak hingga 2027. Tunduk pada izin kerja dengan biaya £50 juta ditambah potensi tambahan £10 juta. Richarlison memperoleh assist pertamanya untuk klub barunya dalam kemenangan 2-0 melawan Nottingham Forest pada tanggal 20 Agustus. Pertunjukan Richarlison selama pertandingan itu dibahas secara luas di media, dikritik oleh orang-orang seperti Michail Antonio dan Callum Wilson sebagai “tidak sopan”, tetapi dipuji oleh Neil Warnock, yang mendorong Richarlison untuk terus menghibur para penggemar.

Pada tanggal 7 September, debutnya di Liga Champions. Ia berhasil mencetak kedua gol dalam kemenangan 2-0 atas Marseille di Stadion Tottenham Hotspur, gol pertamanya untuk klub. Dia menderita cedera selama musim dan kemudian mengeluh secara terbuka karena tidak kembali ke tim. Mendorong manajer Antonio Conte mengkritik dia karena egois. Dia behasil mencetak gol pertamanya di Liga Premier untuk Tottenham setelah 23 penampilan pada 30 April 2023, dengan kekalahan 4–3 dari Liverpool. Ini adalah satu-satunya gol liga di musim Liga Premier 2022-23.

Kehidupan pribadi

Richarlison menyumbangkan 10% gajinya ke Instituto Padre Roberto Lettieri. Sebuah rumah bagi pasien kanker di Barretos, negara bagian São Paulo, dan juga menghidupi 100 keluarga di kampung halamannya. Pada bulan November 2021, ia menyerukan kepada rekan-rekan pesepakbola profesionalnya untuk menerima vaksin COVID-19 dan mengabaikan informasi yang salah mengenai topik tersebut. Dengan alasan kematian pelatih pertamanya Sebastião José da Silva. Meskipun ia tidak mendukung kandidat atau partai mana pun pada pemilihan umum Brasil tahun 2022 ia berbicara tentang isu-isu keadilan sosial seperti lingkungan hidup, kekerasan polisi, dan hak asasi manusia.

BACA JUGA : Bukayo Ayoyinka Temidayo Saka “Dinamit”

 

 

You May Also Like