Kai Lukas Havertz The “King Kai”

2 min read

Kai Lukas Havertz lahir 11 Juni 1999. Adalah seorang pemain sepak bola profesional asal Jerman. Yang bermain sebagai gelandang serang bisa juga menjadi penyerang untuk klub Liga Utama Inggris Arsenal dan tim nasional Jerman.

Lahir di desa Mariadorf sebelah utara Aachen. Dia Tumbuh di lingkungan yang amat menggemari sepak bola, Kai Lukas Havertz mulai bermain sepak bola sejak berusia 4 tahun, dirinya berlatih pertama kali di Alemannia Mariadorf, klub lokal yang diketuai kakeknya, Richard selama 2003-2009.

Real Madrid 'delighted' to have 'dodged bullet' over Arsenal star after  'very little contribution'

BACA JUGA : Radja Nainggolan “Ninja” Dari Batak Toba

Lewat bakat, karir Havertz meroket begitu cepat. Setelah sering bermain dalam tim kelompok usia dua tahun di atas usianya, mulai 2009 atau ketika berusia 10 tahun, dia bergabung dengan akademi klub Bundesliga 2 Alemannia Aachen. Setahun kemudian, dirinya direkrut akademi klub Bundesliga Bayer Leverkusen.

Havertz melakukan debut bersama Bayer Leverkusen pada tahun 2016, Havertz merupakan pemain termuda yang bermain untuk klub tersebut di Bundesliga. Havertz pun mencatat sejarah menjadi pemain termuda mencetak perdana pada tahun berikutnya.

Karir Profesional

Di tahun 2020, Ia kemudian bergabung ke klub Liga Utama Inggris Chelsea. Bersama Chelsea, Havertz berhasil banyak meraih gelar juara Liga Champions UEFA 2020–2021, Piala Super UEFA 2021, dan Piala Dunia Antarklub FIFA 2021, dengan menjadi pemain pencetak gol penentu kemenangan pada pertandingan final Liga Champions UEFA dan final Piala Dunia Antarklub FIFA.

Setelah tiga musim dan 139 kali penampilan pada semua kompetisi, ia bergabung ke sesama klub Liga Utama Inggris Arsenal, dengan menandatangani kontrak jangka panjang.

Seiring karirnya yang melejit di klub, Havertz pun dilirik skuad senior Jerman. Dan dia melakukan debut internasional dalam kemenangan 2-1 atas Peru di laga uji coba, 9 September 2018.

Pelatih Jerman Joachim Low menganggap Havertz memiliki bakat yang luar biasa. Para pelatih menilai Havertz adalah tipekal gelandang modern yang sangat dibutuhkan Jerman di masa depan. Memiliki tubuh menjulang 189 sentimeter, Havertz justru memiliki gerakan lincah, cepat, mahir mengolah bola dengan kedua kaki, serta unggul duel udara.

Havertz pun mulai tampil perdana untuk timnas senior Jerman pada September 2018. Ia merupakan anggota skuad Jerman pada Kejuaraan Eropa UEFA 2020 dan Piala Dunia FIFA 2022.

Pada 1 Juli 2023, Havertz resmi bergabung dengan Arsenal dari Chelsea dalam kesepakatan transfer sebesar £65 juta.Havertz meninggalkan tim setelah tiga tahun bersama. Havertz telah menandatangani kontraknya berdurasi lima tahun di Emirates.

 

You May Also Like