Hakim Ziyech “The Wizard” Sang Penyihir

2 min read

Hakim Ziyech lahir 19 Maret 1993 merupakan seorang pemain sepak bola profesional asal Maroko. Yang bermain sebagai gelandang serang atau gelandang sayap untuk klub Liga Super Turki Galatasaray. Dipinjam dari klub Liga Utama Inggris Chelsea, dan timnas Maroko.

Official: Galatasaray Loan Ziyech - azscore.com

Ziyech dikenal karena memiliki kemampuannya dalam penyelesaian akhir, menggiring bola, umpan jauh, serta bisa membuat gol dari tendangan bebas. Pada tahun 2019, ia berhasil terpilih sebagai salah satu dari 20 pemain terbaik di Liga Champions musim 2018–2019. Di tahun yang sama, ia pun berhasil menempati rangking ke-29 dalam daftar “100 pemain sepak bola terbaik di dunia” dari The Guardian.

Ziyech mulai bermain pada karier juniornya untuk klub Belanda SC Heerenveen, dan memulai karier seniornya di klub tersebut sejak tahun 2012. Dua tahun kemudian, ia mulai bergabung ke klub Belanda lainnya, Twente. Pada 2016, ia pun menandatangani kontrak lima tahun untuk bergabung bersama Ajax Amsterdam.

Pada bulan Februari 2020, Chelsea mengumumkan kesepakatan transfer dengan Ajax Amsterdam senilai €40 juta untuk mendatangkan Ziyech ke Chelsea. Ia dikontrak selama lima tahun dan bergabung dengan skuad inti Chelsea pada 1 Juli 2020 setelah menyelesaikan musim 2019–2020 bersama Ajax.

Ziyech awalnya bermain untuk timnas Belanda atau Maroko pada level internasional. Namun di tahun 2015, ia akhirnya pun memilih untuk membela timnas Maroko. Ia turut tergabung dalam skuad inti yang mengikuti Piala Dunia 2018 dan Piala Afrika 2019.

Official: Galatasaray sign Hakim Ziyech from Chelsea - We Ain't Got No  History

Gaya permainan

Ziyech adalah pemain sayap kanan yang suka mengambil posisi awal yang melebar dan kemudian mengarahkan bola ke tengah lapangan. Menggunakan kaki kirinya yang lebih kuat dan ke posisi di mana ia memberikan ancaman ke gawang, baik dengan tembakan, umpan terobosan, atau umpan silang. Dia paling berbahaya ketika menyerang di area tengah dan ingin memberikan bola mematikan kepada rekan satu timnya dengan berlari diagonal ke arah gawang dari kiri. Dia sangat ahli dalam memainkan bola-bola cekatan melewati pertahanan. Dan jika rekan satu timnya mengatur waktu lari mereka dengan baik, mereka sering kali tiba-tiba mendapatkan peluang menembak satu lawan satu. Pergerakannya dari sayap berarti bek kanan bisa melakukan overlap.

Kehidupan pribadi

Pada tanggal 15 Oktober 2023, Ziyech telah menunjukkan dukungan untuk perjuangan Palestina, selama perang Israel-Hamas tahun 2023. Ia mengungkapkan ungkapan “Dari sungai hingga laut, Palestina suatu saat akan merdeka”.

BACA JUGA : Jorge Luiz Frello Filho The “Professor”

 

You May Also Like