Federico Santiago Valverde Dipetta “Pajarito” Sang Burung

2 min read

Federico Santiago Valverde Dipetta memiliki nama panggung Valverde bernomor punggung 10. Merupakan pemain asal Uruguay dan bermain sebagai gelandang tengah untuk klub Spanyol, Real Madrid dan timnas Uruguay. Kelahiran 22 Juli 1998 dan di beri julukan sebagai burung “Pajarito”.

Karier klub

Valverde menghabiskan sebagian besar karier mudanya dengan Peñarol, di mana ia dengan cepat membuat perkembangan. Memulai debutnya untuk Peñarol pada pertandingan pertama mereka di musim 2015–16 melawan Cerro. Ia berhasil menjadi bagian dari tim muda Uruguay dan menarik banyak minat klub-klub besar seperti Arsenal, Barcelona, Chelsea, dan Real Madrid.

BACA JUGA : Jorge Luiz Frello Filho The “Professor”

Official Announcement: Valverde renews contract until 2029 | Real Madrid CF

Real Madrid

Pada Juli 2016 ia berpindah dari Peñarol ke Real Madrid, lalu ditugaskan ke tim B. Dua bulan berselang, Valverde melakukan debutnya untuk Castilla melawan Real Union, dalam pertandingan dimana klubnya kalah. Dia menjadi anggota reguler dalam tim kedua selama awal musim debutnya. Gelandang itu berhasil mencetak gol pertamanya untuk Castilla melawan Albacete pada Desember 2016.

Sehubungan dengan semakin pentingnya dia bagi tim, Santiago Solari, pelatihnya di Castilla, mengatakan pada 29 Januari 2017, “Saya sangat senang dengannya. Dia telah beradaptasi dengan sangat baik untuk klub dan negara.”

Pinjaman ke Deportivo La Coruña

Pada 22 Juni 2017, Valverde dipinjamkan ke klub La Liga, Deportivo de La Coruña selama satu tahun. Dia melakukan debutnya di kompetisi pada 10 September, menggantikan Fede Cartabia dan menerima kekalahan kandang 2-4 melawan Real Sociedad.

Valverde berkontribusi dengan 24 penampilan liga selama kampanye, saat timnya mengalami keadaaan degradasi.

Real Madrid fields no Spanish players in its starting lineup in a LaLiga  match for the first time ever | CNN

Kembali ke Real Madrid

Setelah kembali dari pinjaman, Valverde membuat terkesan manajer baru Julen Lopetegui selama pra-musim 2018–19 dan secara definitif ditugaskan ke tim utama. Pada tanggal 23 Oktober 2018, Valverde melakukan debut resminya di Real Madrid di fase Grup Liga Champions UEFA melawan Viktoria Plzeň di Bernabéu pada usia 20 tahun. Dia berhasil membuat 25 penampilan dan memenangkan Piala Dunia Klub FIFA di musim pertamanya dengan tim pertama.

 

You May Also Like