Matthijs de Ligt, Tembok Kokoh Belanda

2 min read

Matthijs de Ligt adalah pemain sepakbola profesional asal Belanda yang berposisi sebagai bek tengah. Ia saat ini bermain untuk Tim Bundesliga, Bayern Munchen dan Tm Nasional Belanda.

De Ligt memulai perjalanan sepakbolanya dari usia 9 tahun. Ketika awal bergabung dengan sekolah sepakbolanya, ia selalu di anggap sebagai pemain yang lambat dan kurang bugar. Namun ia diiberikan kesempatan untuk berkembang dan membuktikan kualitasnya.

Pada tahun 2016 ia melakukan debutnya dengan Jong Ajax dalam kompetisi Eeste Divisie melawan FC Emmen, ia bermain sepanjang pertandingan. Dan selama musim ini ia bermain 17 pertandingan untuk Jong Ajax.

Kemudian Matthijs De Ligt melakukan debut untuk senior Ajax pada tanggal 21 September melawan Willem II. Dipertandingan tersebut ia mencetak gol pada menit 25 yang membuatnya menjadi pencetak gol termuda setelah Clerence Seedorf. Dipertandimgan tersebut Ajax berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 5 – 0. Pada tanggal 24 Oktober, Ajax mengumumkan melalui Twitter bahwa De Ligt telah dipromosikan ke skuad senior.

BACA JUGA : Erling Haaland, The Real Monster

Setelah dipromosikan ketim senior Ajax, De Ligt langsung membuktikan dengan bermaini dalam 11 pertandingan secara reguler di liga domestik dan sembilan pertandingan di Liga Eropa UEFA. Pada tanggal 24 Mei, dia menjadi pemain termuda sepanjang masa yang bermain dalam final Eropa besar ketika ia menjadi starter melawan Manchester United di Final Liga Eropa UEFA 2017.

Matthijs de Ligt, Tembok Kokoh Belanda

Di tahun 2018, De Ligt berhasil meraih penghargaan Golden Boy, dan menjadi bek pertama yang berhasil merai penghargaan tersebut. Setelah memenangkan penghargaan Golden Boy, ditahun 2019 ia terpiliih menjadi kapten. Dan dimana menjadikan ia Kapter termuda sepanjangmasa dalam kompetisi Champions League pada usia 19 tahun dan 186 hari.

Tampil sangat baik bersama Ajax, De Ligt diliriik oleh banyak tim besar papan atas Eropa. Juventus adalah tim yang berhasiil mendapatkan tanda tangan De Ligt dengan durasi kontrak 5 tahun dan biiaya €75 juta, Debut pertandingan untuk Juventus ia pun memenangkan pertandingan kandangan 4 – 3 melawan Napoli.

Dan pada tanggal 19 Juli 2022, De Ligt bergabung dengan juara Bundesliga, Bayern Munich, dengan kontrak lima tahun dengan biaya awal dilaporkan sebesar €67 juta.Pada tanggal 21 Agustus, ia mencetak gol Bundesliga pertamanya dalam kemenangan tandang 7–0 melawan Bochum.

You May Also Like