THOMAS TUCHEL

2 min read

Thomas Tuchel seorang mantan pemain sepakbola yang nama nya sempat tenar dan viral pada masa nya. Menjadi pemain sepakbola profesional adalah keinginan nya sejak dari kecil. Hingga pada akhir nya pensiun menjadi pemain sepak bola dan menjadi pelatih saat ini.

Pria kelahiran asal Jerman ini sudah menjadi kepala pelatih klub Bundesliga Bayern Munchen. Usia nya yang sudah 51 tahun tak membuat nya patah semangat untuk dunia olahraga sepakbola. Lahir paa 29 Agustus 1973 membuat nya tidak patah semangat meski sudah di bilang tua.

Thomas Tuchel Miliki Karir Tak Terduga

Mantan pemain sepakbola ini harus mengakhiri untuk pertandingan terakhirnya di lapangan saat berusia 25 tahun dan karir nya. Ceddera tulang kronis pada lutut tahun 2000 harus berhenti untuk bermain sepakbola.

Dengan tidak bisa nya ia bermain sepakbola lagi, ia memulai kembali untuk karir kepelatihan nya. Bekerja untuk tim junior di VfB Stuttgart selama 5 tahun dan di tahun 2009 berhasil sukses di FC Augsburg II. Lalu ia di rekrut Bundesliga dan langsung di promosikan Mainz 05.

Di tahun 2018 Tuchel melatih tim Prancis dan berhasil memenang 2 gelar di Liga Prancis. Dan pada tahun 2021 bersama dengan Chelsea dalam jam waktu yang pendek. Membawa nama Chelsea menjadi juara serta mendapat gelar di Liga Champions UEFA dan Piala Super UEFA.

Dulu nya sebagai pemain profesional muda memiliki karir yang banyak orang tidak ketahui. Tampil sebagai anggota klub lokal, TSV Krumbah dddan di pindahkan ke akademi di FC Ausgsburg pada tahun 1988. Nama nya tidak pernah muncul menjadi tim pemain utama.

Namun ia memainkan perannya sebagai pemain profesional dengan delapan pertandingan selama musim tahun 1992-1993. Tahun 1993-1994 ia dikeluarkan dari tim utam Kickers dana bergabung dengan SSV Ulm. Bemain sebagai bek tengah membuat 69 penampilan spekatakuler nya mengakibatkan cedera lutut pada usia 25 tahun dan pensiun tahun 1998.

Karir tak terduga yang tidak banyak orang lain ketahui yaitu menjadi pelatih  dan mendapatkan banyak gelar untuk diri nya. Karir yang pernah ia raih selama ini :

Menjadi Pelatih terbaik tahunan Bundesliga Versi VDV

Manajer terbaik bulanan liga utama inggris

Menjadi pelatih sepakbola Jerman Terbaik tahunan

Pelatih tim pria terbaik tahunan UEFA

 

Baca juga : Dari Bayern Munchen smapi Crystal Palace

You May Also Like