Jorge Luiz Frello Filho The “Professor”

2 min read

Jorge Luiz Frello Filho atau biasa di kenal sebagai Jorginho, lahir pada 20 Desember 1991. Merupakan seorang pemain sepak bola profesional asal Brasil yang bermain sebagai gelandang untuk klub Liga Utama Inggris Arsenal dan tim nasional Italia.

Could Jorginho win the Ballon d'Or? | News | Official Site | Chelsea  Football Club

Lahir di negara Brasil, Jorginho lalu hijrah ke Italia saat usia 15 tahun dan memulai karier profesionalnya di tim junior Hellas Verona, sebelum kemudian berhasil lolos masuk tim senior klub tersebut. Pada musim 2010-11, ia lalu dipinjamkan ke Sambonifacese. Pada bulan Januari 2014, Jorginho bergabung dengan Napoli dan langsung berhasil meraih gelar Coppa Italia serta Supercoppa Italiana. Ia bermain sebanyak 160 kali untuk tim Italia tersebut sebelum pindah ke Chelsea pada 2018 dengan nilai transfer £50 juta. Bersama klub kota London itu, Ia berhasil meraih gelar juara Liga Eropa UEFA di musim pertamanya dan berhasil menang di Liga Champions UEFA pada musim musim 2020–21. Pada Februari 2023, ia bergabung ke Arsenal.

Jorginho membantu memperkuat tim nasional Italia dan melakukan debut di tim senior pada tahun 2016. Ia juga merupakan anggota dari skuad Italia yang berhasil meraih gelar juara Kejuaraan Eropa UEFA 2020.

Karier klub

Hellas Verona
Jorginho bergabung dengan Verona lewat tim junior. Pada bulan Juni 2010, ia dipinjamkan ke klub Serie C2 Sambonifacese, di mana ia bermain untuk pertama kalinya bersama tim senior selama satu musim penuh. Jorginho berhasil tampil sebanyak 31 kali, berhasil menyumbangkan satu gol, dan memberikan sepuluh assist dari posisinya sebagai gelandang tengah.

Napoli
Pada tanggal 18 Januari 2014, Jorginho bergabung dengan Napoli melalui kontrak kepemilikan bersama dengan tim Verona untuk durasi selama 4,5 tahun. Ia mencetak gol kemenangan Napoli atas Roma pada tanggal 12 Februari 2014, dan membawa klub tersebut mencapai babak final Coppa Italia 2014. Di pertandingan final, 3 Mei 2014, Jorginho bermain selama 90 menit dan membantu Napoli mengalahkan Fiorentina dengan skor 3–1.

Chelsea FC v Zenit St. Petersburg: Group H - UEFA Champions League

Chelsea
Pada tanggal 14 Juli 2018, Jorginho bergabung dengan klub Premier League Inggris Chelsea lewat kontrak berdurasi lima tahun. Di hari yang sama, Sarri pun bergabung sebagai pelatih klub tersebut. Jorginho hijrah dengan nilai transfer £50 juta dan potensi tambahan bonus £7 juta. Ia menggunakan nomor punggung 5.

Arsenal
Jorginho menandatangani kontrak dengan klub Liga Utama Inggris Arsenal. Pada 31 Januari 2023 selama satu setengah tahun dengan opsi tahun tambahan dengan biaya transfer sebesar £12 juta.

BACA JUGA : Marcel Sabitzer Midfielder Sharp and Killer

 

You May Also Like