Frederico Rodrigues de Paula Santos Sang ‘Pastor’

2 min read

Frederico Rodrigues de Paula Santos atau biasa disebut Fred. Merupakan pemain sepak bola profesional Brasil yang bermain sebagai gelandang untuk klub Süper Liga Fenerbahçe dan tim nasional Brasil.

Fred memulai karirnya di klub Brasil Internacional, di mana dia memenangkan Campeonato Gaúcho dua kali. Pada bulan Juni 2013. Dia menandatangani kontrak dengan klub Ukraina Shakhtar Donetsk, di mana dia memenangkan tiga gelar Liga Utama Ukraina. Pada tahun 2018, Fred menandatangani kontrak dengan Manchester United, di mana ia memenangkan Piala EFL pada tahun 2023.

Ia mulai mewakili Brasil di level U-20 dan U-23. Fred melakukan debut internasional seniornya pada November 2014. Fred merupakan bagian dari skuad Brasil untuk Copa América 2015 di Chili, menjadi starter di dua pertandingan pertama Grup C saat mereka mencapai perempat final. Dia juga masuk dalam skuad terakhir Brasil untuk Piala Dunia FIFA 2018 dan 2022, serta Copa América 2021.

Karier klub

Karir awal

Lahir pada bulan 5 Maret 1993 di Belo Horizonte, Fred menghabiskan enam tahun masa kecilnya di klub lokal Atlético Mineiro. Sebelum bergabung dengan Porto Alegre pada tahun 2009. Satu tahun kemudian, dia bergabung dengan Internacional. Fred mulanya mewakili klub di berbagai level pemuda dan membantu mereka memenangkan enam gelar pada tahun 2010, termasuk Copa Santiago dan Copa FGF. Dia melakukan debut profesionalnya pada usia 18 tahun pada 26 Januari 2012, melawan Cerâmica di Campeonato Gaúcho. Dia mencetak gol pertamanya di sepak bola profesional pada tanggal 18 Juli 2012, dalam pertandingan Série A melawan mantan klubnya Atlético Mineiro. Secara keseluruhan, dia mencetak delapan gol dalam 55 penampilan untuk Internacional dan memenangkan Campeonato Gaúcho dua kali.

Fred completes move from Manchester United to Fenerbahce - 'Today ends one  of the most beautiful stages of my career' - Eurosport

Manchester United

Pada tanggal 5 Juni 2018, klub Liga Premier Manchester United mencapai kesepakatan untuk mengontrak Fred dengan biaya yang dilaporkan sebesar £47 juta. Dia menyetujui kontrak lima tahun dengan opsi perpanjangan satu tahun berikutnya. Fred membentuk kemitraan lini tengah dengan Scott McTominay yang kemudian dijuluki kemitraan ‘McFred’ oleh media dan penggemar sepak bola.

Pada tanggal 11 Agustus, ia melakukan debut klubnya dalam kemenangan 2-1 atas Leicester City dalam pertandingan liga pertama mereka musim ini. Fred mencetak gol pertamanya untuk United melawan Wolverhampton Wanderers pada 22 September 2018, dengan hasil imbang 1-1 di kandang sendiri.

Gaya permainan

Fred dipuji karena kehadiran defensifnya serta kemampuan playmakingnya.

BACA JUGA : Antony Matheus dos Santos si Berbakat dan Sangat Arogan

 

 

You May Also Like