Boaz Solossa, Mutiara Dari Tanah Papua

2 min read

Boaz Theofilus Erwin Solossa merupakan pemain sepakbola profesional asal Indonesia. Pria yang selama ini kita kenal dengan nama Boaz Solossa saat ini bermain untuk klub Persewar Waropen yang berlaga di Liga 2 Indonesia.

Boaz yang kita tau menjadi salah satu pemain terbaik yang dimiliki Indonesia. Dia dikenal memiliki naluri pencetak gol yang tinggi dan mempunya skill olah bola yang cukup luar biasa di atas rata rata pemain lainnya. Dan untuk urusan mencetak gol, Boaz adalah salah satu pemain lokal Indonesia yang mampu bersaing dengan striker asing untuk menjadi Top Scorer Liga 1 Indonesia.

BACA JUGA : Carles Puyol Saforcada The “El Capita” Atau Sang Kapten

Boaz Solossa juga sempat dijuluki sebagai bocah ajaib. Ketika diusia yang masih 18 tahun, ia sudah dipercaya menjadi bagian Timnas Indonesia Senior. Ketika itu Timnas Indonesia mengikuti Turnamen bergengsi se-ASEAN yaitu Piala Tiger 2004 yang saat ini kita kenal Piala AFF.

Boaz Solossa, Mutiara Dari Tanah Papua

Pada saat turnamen tersebut penampilan Boaz sangat memukau dibawa kepelatihan Peter White. Yang saat itu Boaz memiliki status tanpa klub setelah dia memilih hengkang dari Persipura Jayapura.

Ditahun 2011, Boaz sempat mendapatkan tawaran bermain diklub Belanda VVV-Venlo. Namun ia menolaknya karena alasan keluarga dan ia tetap bermain untuk Persipura Jayapura.

Bersama Persipura ia sukses meraih banyak gelar juara dan penghargaan individu seperti Juara Liga Indonesia, Indonesia Super League, dan

Dilevel Timnas Indonesia, kemampuan dan kepemimpinannya sudah tidak diragukan lagi. Loyalitasnya kepada sang Garuda sudah tidak perlu diragunkan lagi. Dia pernah mengalami cedera serius ketika Indonesia bertemu Hong Kong. Pada saat itu kaki kanannya patah, yang membuat ia harus absen cukup lama dalam dunia sepakbola dan absen pada gelaran Piala Asian 2007.

Prestasi individu Boaz yang pernah ia raih adalah menjadi pencetak gol terbanyak di PON Papua 2004 dengan raihan 10 gol. Dan ia juga pernah menjadi top scorer Indonesia Super League bersama Persipura sebanyak 3 kali di tahun 2008-2009 (28 gol), 2010-2011 (22 gol) dan 2013 (25 gol). Dan Boaz juga pernah menjadi pemain terbaik Indonesia Super League sebanyak 3 kali pada musim 2009-2010, 2010-2011 dan dimusim 2013. Namun saat ini masa kejayaan Boaz sudah berakhir, saat ini ia bermain untuk klub Liga 2 yaitu Persewar Waropen.

You May Also Like