Lee Kang-in “Bad Boy”

2 min read

Lee Kang-in (Bahasa Korea: 이강인; lahir 19 Februari 2001) adalah pemain sepak bola profesional Korea Selatan. Lee yang saat ini bermain sebagai gelandang serang atau pemain sayap untuk klub Ligue 1 Paris Saint-Germain dan tim nasional Korea Selatan.

Produk akademi muda Valencia, Lee melakukan debut profesionalnya untuk klub tersebut pada usia 17 tahun pada tahun 2018, menjadi pesepakbola Korea Selatan termuda yang melakukan debut profesional di Eropa. Pada musim debutnya, dia memenangi Copa del Rey, sebelum membuat debut Liga Juara-Juara UEFA pada musim profesional keduanya. Lee bergabung dengan Mallorca pada tahun 2021, di mana ia membuktikan dirinya sebagai salah satu penggiring bola terbaik di Eropa. Sebelum meninggalkan Spanyol ke klub Prancis Paris Saint-Germain pada tahun 2023.

Karir internasional

Lee menerima panggilan pertamanya ke tim nasional sepak bola senior Korea Selatan pada Maret 2019 untuk pertandingan persahabatan melawan Bolivia dan Kolombia. Dan menjadi pemain termuda ke-7 yang berada di tim nasional Korea Selatan. Pada tanggal 5 September 2019, Lee melakukan debut internasionalnya dalam pertandingan persahabatan yang berakhir imbang 2-2 melawan Georgia sebagai starter.

BACA JUGA :Andreas Christensen “Maldini Denmark”

Lee dipanggil untuk pertandingan persahabatan pada September 2022 tepat sebelum Piala Dunia FIFA 2022 dengan menunjukkan evolusinya di kedua sisi bola di La Liga. Dia hanya berpartisipasi dalam pelatihan tim tanpa tampil di pertandingan persahabatan. Tetapi terpilih untuk tim Piala Dunia yang beranggotakan 26 orang. Dia membantu sundulan Cho Gue-sung dengan umpan silang akurat di pertandingan grup kedua melawan Ghana.

Piala Asia 2023

Lee Kang-in dibebaskan dari wajib militer setelah memenangkan Asian Games 2022 pada Oktober 2023. Dalam pertandingan persahabatan senior melawan Tunisia setelah Asian Games, ia memimpin Korea Selatan meraih kemenangan 4-0 dengan mencetak dua gol termasuk gol tendangan bebas. Yang merupakan gol pertama dan kedua untuk tim nasional senior.

Lee dipanggil ke skuad Korea Selatan untuk Piala Asia AFC 2023. Dia memimpin Korea Selatan ke babak sistem gugur dengan mencetak dua gol dalam kemenangan 3-1 atas Bahrain dan mencetak gol tendangan bebas dan satu assist dari tendangan sudut saat bermain imbang 3-3 dengan Malaysia. Ia menciptakan jumlah umpan kunci dan umpan silang sukses terbanyak hingga perempat final. Namun, setelah Korea Selatan tersingkir di semifinal oleh Jordan. Dilaporkan bahwa ia telah berkonflik dengan pemain veteran di tim nasional termasuk kapten Son Heung-min sebelum kekalahan tersebut.

You May Also Like