Irfan Bachdim “Laskar Sumbernyawa”

2 min read

Irfan Haarys Bachdim (lahir 11 Agustus 1988) adalah pesepakbola Indonesia keturunan Belanda yang bermain untuk klub Persik Kediri dan timnas Indonesia. Dalam bermain, ia juga bisa menempati berbagai posisi seperti penyerang, gelandang maupun sayap.

Latr belakang
Ayanh Irfan Bachdim, Noval Bachdim yang merupakan warga negara Indonesia keturunan asal Arab- Indonesiayang dilahirkan di Malang dan telah menetap di Lawang, Malang hingga tahun 80 an, sebelum tinggal di Belandaselama lebih dari 20 tahun. Ibunya Hester Van Dijk adalah warga negara dari Belanda. Semua keluraga Bachdim kini tinggal di Amsterdam. Kakeknya Ali Bachdim adalah purnawirawan TNI Aangkatan Laut. Namun kini Irfan Bachdim tetap merupakan pemain dari warga negara Indonesia asli karena dirinya kini bermain di Indonesia tanpa melalui prosess naturalisasi.

BACA JUGA : Jonny Evans

Irfan terlahir dari keluarga pemain sepak bola. Ayahnya juga merupakan mantan dari pemain sepak bola klub PS Fajar Lawang (anggota kompetisi internal Persekam Malang) pada era 80-an. Kakeknya Ali Bachdim merupakan mantan pemain Persema Malang dan PSAD Jakarta.

Kehidupan Pribadi
Pada tanggal 8 Juli 2011, irfan kini menikah dengan Jenifer Kurniawan, kakadari seorang Kim Jeffrey Kurniawan yang berasal dari Jerman. Tanggal 5 Februari 2012 Irfan tela hdi karuniai anak seorang putri, yaitu Kiyomi Sue Bachdim. Pada tanggal 21 Maret 2014 Irfan Bachdim dikaruniai anak kedua, Kenji Zizou Bachdim.

Karier

Di Belanda
Irfan juga memulai bermain sepak bola di akdemi sepak bola Ajax Aamsterdam bersama dengan rekan Mitchell Donald, Jeffrey Sarpong, Christian Supusepa dan Ryan Babel. Setelah tiga tahun ia kini pindah ke SV Argon, di mana ia telah menjadi pencetak gol terbanyak meskipun ia kini bermain sebagai gelandang. Irfan kemudian kini direkrut oleh pencari bakat FC Utrecht, dan telah menandatangani kontrak dengan klub tersebut. Ia juga kemudian bermain untuk tim junior Utrecht, dan sesekali untuk menjadi pemain cadangan di tim senior. Setelah kontraknya tidak diperpanjang lagi, maka pada bulan Juli 2009 ia ditransfer tanpa biaya ke klub HFC Haarlem.

 

You May Also Like