Georginio Wijnaldum “The Next Clarence Seedorf”

2 min read

Georginio Gregion Emile Wijnaldum lahir 11 November 1990. Merupakan pemain sepak bola profesional Belanda yang bermain sebagai gelandang dan kapten klub Liga Pro Saudi Al-Ettifaq dan tim nasional Belanda. Ia terkenal karena tingkat kerjanya yang tinggi dan kemampuan teknisnya yang mengesankan.

Produk muda dari tim Eredivisie Feyenoord. Wijnaldum menjadi pemain termuda yang pernah mewakili klub ketika ia melakukan debutnya pada tahun 2007, dan kemudian memainkan 134 pertandingan selama periode lima tahun, memenangkan Piala KNVB pada tahun 2008. Setelah kepergiannya dari Feyenoord, Wijnaldum menghabiskan empat musim di PSV. Di mana ia memenangkan Piala KNVB di musim pertamanya dan Eredivisie di musim terakhirnya. Musim di mana ia juga mendapatkan penghargaan Pemain Terbaik Belanda Tahun Ini.

BACA JUGA :Luke Shaw “Shawberto Carlos”

Pada tahun 2015, Wijnaldum bergabung dengan klub Liga Premier Newcastle United seharga £14,5 juta. Sebelum hengkang setelah klub tersebut terdegradasi setahun kemudian untuk bergabung dengan Liverpool dalam kesepakatan £23 juta. Di Liverpool, Wijnaldum mengambil peran lebih dalam di lini tengah dibandingkan di klub sebelumnya. Pada musim 2018-19, Wijnaldum mencetak dua gol melawan Barcelona di leg kedua semifinal Liga Champions saat Liverpool lolos dengan agregat 4–3. Dan ia menjadi starter saat klub tersebut menang di Final Liga Champions UEFA 2019. Pada musim berikutnya, ia memainkan peran integral saat Liverpool memenangkan Piala Super UEFA. Piala Dunia Antarklub FIFA, dan Liga Premier, gelar liga pertama klub dalam 30 tahun. Wijnaldum tampil 237 kali dalam seragam Liverpool dan sering dianggap sebagai legenda klub yang memainkan peran utama dalam kesuksesan Liverpool selama bertahun-tahun di klub.[9] Wijnaldum menandatangani kontrak dengan klub Prancis Paris Saint-Germain pada tahun 2021 dengan status bebas transfer.

Georginio Wijnaldum juga merupakan pemain internasional Belanda penuh, telah mencatatkan 90 caps sejak melakukan debutnya pada tahun 2011. Dan merupakan anggota skuad yang menempati posisi ketiga di Piala Dunia FIFA 2014 dan menjadi runner-up di UEFA Nations League 2018-19.

You May Also Like