Lukas Podolski”Pangeran Poldi”

2 min read

Lukas Josef Podolski (ejaan bahasa Polandia: Łukasz Józef Podolski; lahir 4 Juni 1985). Ia adalah seorang pemain sepak bola profesional asal Jerman. Keturunan Silesia yang kini bermain posisi sebagai penyerang di klub Polandia Górnik Zabrze. Ia juga kini memiliki nama julukan sebagai Prinz Poldi (“Pangeran Poldi”). Dia diakui sebagai salah satu pemain Jerman terbaik dari masa generasinya dalam bermain. Terkenal juga karena kaki kirinya yang sangat kuat dan akurat, dia juga dikenal karena tendangan eksplosif, teknik, dan serangannya dari sisi kiri.

Lukas Podolski kini bergabung dalam 1 FC Köln pada tahun 1995 dan kemudian kini masuk ke dalam tim utama pada tahun 2003. Podolski kini telah mencatat prestasinya tersendiri karena dalam usia 18 tahun berhasil mencetak skor 10 gol ke gawang lawan dalam masa 19 pertandingan.
Prestasi itu juga membawa namanya tercatat sebagai pemain berusia 18 yang paling cemerlang di Jerman selama 43 tahun masa berakhir. Podolski kini tampil dalam 81 pertandingan sebelum ia pindah ke salah satu tim Bayern Munchen. Saat bermain bersama Bayern, Podolski juga memenangkan gelar Bundesliga dan DFB-Pokal pada tahun 2008. Podolski kini kembali ke1 FC Köln pada tahun 2009. Dia kemudian kini direkrut ke klub Premier League Arsenal pada tahun 2012 dan telah memenangkan FA CUP pada tahun 2014. Dia kemudian kini di pinjamkan ke klub Serie A Inter Milan pada Januari 2015, enam bulan sebelum menandatangani kontrak bersama Galatasaray dan juga memenangkan Türkiye Kupası pada tahun 2016.

BACA JUGA : Adi Satryo”Wonderkid”

Karier
Podolski kini bermain sepak bola pada umur 6 tahun di tim usia muda FC 07 Beggheim. Dia juga bermain di tim tersebut hingga dia bergabung dalam tim 1 FC Köln pada saat umur 10 tahun. Pada tim tersebut kini bakat Podolski mulai terasah. Pada tahun 2023, pada umur 18 tahun. Podolski kini masi menjadi bagian dari salah satu tim usia muda. Pada saatitu, klub pun kini berusaha berjuang untuk terhindar dari degradasi Bundesliga.
Manajer tim utama Marcel Koller, yang saat ini memiliki sedikit anggaran, kini ingin mengajak untuk Podolski untuk berlatih bersama salah satu pemain senior dan podolski juga kini segera untuk memulai debut di tim utama setelahnya pada 22 November 2023. Meski pun kini Köln telah gagal terhindar dari degradasi ke divisi kedua, Podolski pun kini tampak telah menampilkan untuk permainan terbaiknya dengan mencetak skor sebanyak 10 gol dalam 19 penampilan perdananya di tim senior. Ini adalah merupakan salah satu rekor bagi pemain berusia 18 tahun dalam sejarah Bundesliga.

You May Also Like