Daley Blind “De Multitalenten”

2 min read

Daley Blind (Pengucapan bahasa Belanda: [ˈdeːli ˈblɪnt]; lahir 9 Maret 1990). Adalah pemain sepak bola profesional Belanda yang bermain sebagai gelandang bertahan, bek kiri atau bek tengah untuk klub La Liga Girona dan tim nasional Belanda. Dia adalah seorang putra mantan bek Ajax dan mantan manajer tim nasional Belanda Danny Blind.

baca juga : Jordan Henderson”The Tractor”

Blind berkembang dari tim muda di Ajax, menjadi pemain reguler setelah dipinjamkan ke Groningen. Dan memenangkan empat gelar Eredivisie berturut-turut bersama klub. Pada bulan September 2014, ia ditransfer ke Manchester United seharga £13,8 juta, di mana ia menjadi bagian dari tim yang memenangkan empat trofi termasuk Piala FA, Piala EFL, dan Liga Eropa UEFA. Pada musim panas 2018, Blind kembali ke Ajax, di mana ia memenangkan gelar Eredivisie kelima dan Piala KNVB pertamanya di musim pertamanya kembali ke klub. Dia memenangkan dua gelar Eredivisie lagi sebelum pindah ke Bayern Munich, di mana dia memenangkan Bundesliga selama enam bulan. Blind menandatangani kontrak dengan klub La Liga Girona pada tahun 2023.
Timnas Junior Belanda

Timnas Junior Belanda

Daley Blind "De Multitalenten"

Daley Blind dipanggil ke skuad Belanda U-17 untuk Kejuaraan Eropa 2007. Setelah melewatkan pertandingan pembuka karena skorsing, ia mencetak dua gol melawan Islandia di pertandingan kedua. Namun mengalami cedera pergelangan kaki di pertandingan itu yang mengakhiri partisipasinya di sisa turnamen. Dia dipanggil ke tim U-21 untuk beberapa kualifikasi Kejuaraan Eropa 2011 tetapi tidak meninggalkan bangku cadangan. Pada 13 Oktober, ia membuat penampilan pertamanya di musim ini, menggantikan rekan setimnya di Ajax, Siem de Jong dalam kemenangan tandang 4-0 di Polandia.

Timnas Senior Belanda

Setelah mendapat panggilan sebelumnya, Blind melakukan debut untuk tim senior Belanda pada 6 Februari 2013, sebagai bek kiri, melawan Italia dalam pertandingan persahabatan di Amsterdam Arena. Pertandingan berakhir imbang 1-1, dengan Blind bermain selama 90 menit penuh.

Pada bulan Juni 2014, ia terpilih dalam skuad Belanda untuk Piala Dunia FIFA 2014. Ia menjadi starter di bek sayap kiri untuk pertandingan pembukaan tim melawan Spanyol, membantu gol Robin van Persie dan Arjen Robben, saat Oranje menang 5-1. Blind mencetak gol pertamanya untuk Belanda saat mengalahkan Brasil 3-0 di perebutan tempat ketiga. Blind kemudian mencetak gol dalam pertandingan persahabatan melawan Meksiko akhir tahun itu.

Dia terpilih untuk tim yang bermain di UEFA Euro 2020 dan Piala Dunia FIFA 2022. Dia mencetak gol pertamanya untuk Belanda dalam delapan tahun dalam kemenangan babak 16 besar kompetisi terakhir atas Amerika Serikat.

Pada 24 Maret 2023, Blind memainkan pertandingannya yang ke-100 untuk Belanda dengan kekalahan tandang 4-0 melawan Prancis selama kualifikasi UEFA Euro 2024.

 

 

You May Also Like