Choupo-Moting ” The Black Panther”

2 min read

Jean-Eric Maxim Choupo-Moting (lahir 23 Maret 1989) adalah pemain sepak bola profesional yang bermain sebagai penyerang untuk klub Bundesliga Bayern Munich. Lahir di Jerman, ia bermain untuk tim nasional Kamerun.

BACA JUGA :Enzo Fernández

Choupo-Moting memulai karirnya dengan Hamburger SV, melakukan debutnya di Bundesliga pada Agustus 2007. Dia menghabiskan musim 2009-10 dengan status pinjaman di 1. FC Nürnberg dan pada Agustus 2011 dia bergabung dengan 1. FSV Mainz 05. Setelah tiga musim bersama Mainz dia pindah ke Schalke 04 pada Agustus 2014. Ia menjadi pemain reguler untuk klub Gelsenkirchen, dan membuat lebih dari 80 penampilan, sebelum bergabung dengan klub Liga Inggris Stoke City pada Agustus 2017.

Berjuang untuk mendapatkan menit bermain di Kejuaraan EFL bersama Stoke, ia memutuskan untuk pindah ke Schalke 04 pada Agustus 2014. Klub Ligue 1 Paris Saint-Germain dengan kontrak dua tahun pada Agustus 2018. Setelah kontraknya dengan Paris Saint-Germain berakhir. Choupo-Moting kembali ke Bundesliga dan bergabung dengan Bayern Munich pada Oktober 2020 dengan status bebas transfer.

Karir Internasional (Timnas Kamerun)

Pada 11 Mei 2010, Choupo-Moting mendapat panggilan pertamanya untuk tim nasional Kamerun, dan mewakili Kamerun di Piala Dunia FIFA 2010 di Afrika Selatan.

Sempat mendapatkan curiga atas indikasi kecurangan yang dilakukan oleh timnas Kamerun. Federasi Sepak Bola Tunisia, yang mengatur tim nasional Tunisia. Telah mempertanyakan FIFA apakah Choupo-Moting memenuhi kriteria kewarganegaraan untuk bermain di Kamerun. “Sehubungan dengan protes yang diajukan oleh Federasi Sepak Bola Tunisia terkait kelayakan Choupo-Moting mewakili Kamerun. FIFA telah berkomunikasi dengan Federasi Sepak Bola Tunisia bahwa tidak ada pelanggaran peraturan FIFA yang dilakukan oleh Federasi Sepak Bola Kamerun. ” Juru bicara FIFA mengatakan kepada BBC Sport. Choupo-Moting bermain untuk tim sepak bola remaja nasional Jerman dan tim nasional U-21 Jerman, termasuk lahir di Jerman dan tumbuh di Jerman dengan keturunan Jerman, namun peralihan kesetiaan nasionalnya disetujui oleh FIFA sebelum mewakili Kamerun.[47] Keluhan Federasi Sepak Bola Tunisia muncul selama Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2014 – Putaran ketiga CAF meskipun Choupo-Moting bermain di Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Dan dibulan Juni 2014, ia dipanggil ke skuad Piala Dunia Kamerun untuk Piala Dunia 2014 di Brasil. Tanggal 3 Januari 2017, ia mengumumkan bahwa ia tidak akan bermain di Piala Afrika 2017. Pada 9 November 2022, ia dimasukkan dalam skuad 26 orang untuk Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar. Ditanggal 28 November, dia mencetak gol pertamanya di Piala Dunia saat bermain imbang 3–3 melawan Serbia.

You May Also Like