Ronald Araújo

3 min read

Ronald Federico Araújo da Silva atau yang biasa kita tahu dengan nama Ronald Araújo. Yang lahir 7 Maret 1999 adalah pemain sepak bola profesional Uruguay yang bermain sebagai bek tengah atau bek kanan untuk klub La Liga Barcelona dan tim nasional Uruguay. Dikenal karena fisik, kecepatan, kepemimpinan, dan atletisnya, ia dianggap sebagai salah satu bek tengah terbaik di dunia.

Karir Klub

Rentistas

Lahir dari ayah Uruguay dan ibu Brasil di Rivera, sebuah kota dekat perbatasan Brasil. Araújo bergabung dengan Rentista dari klub kampung halaman Huracán de Rivera. Dia melakukan debut seniornya dengan mantan pada 24 September 2016. Masuk terlambat pemain pengganti dalam kemenangan tandang Divisi Kedua 1-0 melawan Tacuarembó.

Araújo mencetak gol senior pertamanya pada 9 Desember 2016, mencetak gol penyeimbang dalam hasil imbang 2-2 di kandang melawan Central Español. Dia menjadi starter reguler selama musim 2017. Dan mencetak hat-trick dalam kemenangan tandang 3-2 atas Villa Española pada 17 Juni tahun itu. Di Rentista-lah Araújo melakukan perubahan posisi yang signifikan dari penyerang menjadi bek

Boston River

Pada 28 Juli 2017, Araújo bergabung dengan tim Primera División Boston River. Dia melakukan debutnya di kategori tersebut pada 18 September. Menggantikan Maximiliano Sigales di akhir kesuksesan kandang 1-0 atas El Tanque Sisley.

Barcelona

Pada 29 Agustus 2018, Araújo menandatangani kontrak berdurasi lima tahun dengan FC Barcelona dengan biaya €1,7 juta, ditambah €3,5 juta dalam bentuk variabel. Dia awalnya ditugaskan ke cadangan di Segunda División B. Dia membuat debut tim pertamanya – dan La Liga – pada 6 Oktober tahun berikutnya. Masuk dari bangku cadangan untuk menggantikan Jean-Clair Todibo pada menit ke-73 dalam kemenangan kandang 4-0 melawan Sevilla; Namun, dia dikeluarkan dari lapangan pada menit ke-86 karena melakukan tekel Javier Hernández.

BACA JUGA : Jan Oblak “Tangan Dewa”

Untuk musim 2020-21, Araújo dipromosikan ke skuad utama dengan mengenakan seragam nomor 4 yang sebelumnya dikenakan oleh Ivan Rakitić. Pada 19 Desember 2020, ia mencetak gol pertamanya di La Liga untuk Barcelona dalam hasil imbang 2-2 di kandang melawan Valencia. Pada tanggal 20 Maret 2022, Araújo mencetak gol pertamanya di El Clásico, menyundul tendangan sudut Ousmane Dembele dalam kemenangan tandang 4-0 melawan pemimpin liga di Santiago Bernabéu.

Karir internasional

Setelah mewakili Uruguay di level U-18 dan U-20, Araújo menerima panggilan pertamanya untuk tim senior pada 5 Oktober 2020. Untuk dua pertandingan kualifikasi Piala Dunia FIFA 2022 melawan Chili dan Ekuador. Dia melakukan debut internasional penuhnya delapan hari kemudian, memulai dengan kekalahan 2–4 melawan yang terakhir.

Pada Juni 2021, Araújo dimasukkan dalam skuat Uruguay yang beranggotakan 26 orang terakhir untuk Copa América 2021 di Brasil. Namun ia tidak tampil dalam lima pertandingan Uruguay di turnamen tersebut karena juga mengalami cedera otot.

Meski mengalami cedera, Araújo dimasukkan dalam skuad Uruguay untuk Piala Dunia FIFA 2022, mengharapkan pemulihan selama fase sistem gugur. Dia tidak tampil saat Uruguay tersingkir di babak penyisihan grup.

Pada 16 November 2023, ia mencetak gol pertamanya bersama timnas melawan Argentina pada babak kelima kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 di La Bombonera di Buenos Aires. Pada menit ke-41, Araújo menerima bola setelah umpan silang mendatar Matías Viña ke kotak penalti dan menaklukkan kiper Argentina Emiliano Martínez dengan tembakan dari sisi kanan gawang ke sudut kiri bawah.

 

 

You May Also Like