Gabriel Martinelli

3 min read

Gabriel Teodoro Martinelli Silva  (lahir 18 Juni 2001), dikenal sebagai Gabriel Martinelli. Adalah pemain sepak bola profesional Brasil yang bermain sebagai pemain sayap kiri atau penyerang untuk klub Liga Inggris Arsenal dan tim nasional Brasil.

Martinelli memulai karir seniornya bermain untuk Ituano dan menandatangani kontrak dengan Arsenal pada Juli 2019, pada usia 18 tahun. Dia memenangkan Piala FA di musim debutnya.

Pada 12 Agustus 2023, dalam pertandingan pertama Arsenal di musim Liga Inggris 2023-24. Martinelli membantu Eddie Nketiah dengan melewati Serge Aurier dan Danilo Oliveira dalam kemenangan kandang 2-1 melawan Nottingham Forest. Pada 3 September, Martinelli memberikan assist untuk gol penyeimbang Martin Ødegaard melawan Manchester United, hanya 35 detik setelah tertinggal 1-0. Arsenal kemudian akan memastikan kemenangan 3-1. Pada tanggal 8 Oktober, Martinelli masuk sebagai pemain pengganti dan mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan tersebut dalam kemenangan 1-0 atas. Manchester City dengan bantuan defleksi dari bek Nathan Aké, saat Arsenal memastikan kemenangan liga pertama mereka melawan lawan mereka sejak 2015. Pada tanggal 24 Oktober, ia melakukan debutnya di Liga Champions, di mana ia mencetak gol pertama dalam kemenangan tandang 2-1 melawan Sevilla.

Karir Internasional

Martinelli lahir di Brasil, dan merupakan keturunan Italia melalui ayahnya. Ia memiliki kewarganegaraan ganda Brasil-Italia. Ditanggal 20 Mei 2019, Martinelli dipanggil oleh manajer tim nasional Brasil Tite untuk menyelesaikan pelatihan persiapan Copa América 2019. Dan pada November 2019, Martinelli tampil untuk tim U-23 Brasil di United International Football Festival di Spanyol.

Pada 2 Juli 2021, Martinelli masuk dalam skuad Brasil untuk Olimpiade Musim Panas 2020. Pada tanggal 3 Agustus, Martinelli mencetak penalti kedua Brasil untuk membantu mengalahkan Meksiko di semifinal Olimpiade.  Sebelum menjadi peraih medali emas setelah Brasil mengalahkan Spanyol di final empat hari kemudian.

BACA JUGA : Álvaro Morata “el guapo”

Dia masuk dalam skuad senior Brasil yang beranggotakan 25 orang pada 11 Maret 2022 untuk kualifikasi Piala Dunia FIFA 2022 melawan Chili dan Bolivia. Martinelli melakukan debut internasionalnya ketika ia masuk dari bangku cadangan untuk Vinícius Júnior yang bermain di 14 menit terakhir dalam kemenangan 4-0 Brasil atas Chile di Stadion Maracana.

Gabriel Martinelli

Pada tanggal 7 November 2022, Martinelli masuk dalam skuad untuk Piala Dunia FIFA 2022. Melakukan debutnya di Piala Dunia sebagai pemain pengganti Raphinha. Pada menit ke-87 dalam kemenangan 2-0 pembukaan Brasil melawan Serbia. Martinelli akan menjadi pemain pengganti yang tidak digunakan dalam kemenangan 1-0 Brasil atas Swiss, dan akan bermain penuh dalam kekalahan 1-0 Brasil dari Kamerun. Martinelli terlibat dalam kemenangan 4-1 Brasil atas Korea Selatan di babak 16 besar. Masuk sebagai pemain pengganti Vinícius Júnior di menit ke-72, dan merupakan pemain pengganti yang tidak digunakan dalam pertandingan perempat final Brasil melawan Kroasia. Yang mana Brasil akan kalah 4-2 melalui adu penalti setelah bermain imbang 1 sama.

Pada 16 November 2023, Martinelli mencetak gol pertamanya untuk Brasil dalam kekalahan 2-1 melawan Kolombia di kualifikasi Piala Dunia 2026.

You May Also Like